Apa Sih Kriteria Diet Dikatakan Sukses?

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Apakah Anda saat ini tengah menjalankan program diet? Bagaimana hasilnya, sesuai dengan target, atau justru jauh dari harapan? Tidak sekadar berhasil menurunkan berat badan, ada beberapa kriteria diet Anda dikatakan sukses, lho. Melansir Go Dok, berikut uraiannya:

1. Menyukai & menikmati menu makanan untuk diet
Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, tentunya menyadari adanya perubahan menu makanan. Salah satu menu makanan yang disarankan adalah menu dengan kandungan gula dan garam yang diminimalisasi sebisa mungkin.

Namun, ketika tubuh sudah menyesuaikan dengan menu diet tersebut, Anda tidak akan merasa tertekan, bahkan dapat menikmati setiap suapan yang masuk ke dalam mulut. Selain itu, Anda juga akan merasa kurang puas jika belum mengonsumsi sayur dan buah setiap hari.

2. Dapat menahan emosi sepanjang hari
Mungkin Anda merasa suasana hati tidak berhubungan dengan menu makanan harian Anda. Nyatanya, kurang asupan karbohidrat dapat menurunkan kemampuan kognitif di dalam otak. Pasalnya, diet rendah karbohidrat dapat menurunkan produksi hormon serotonin yang bertugas mengatur suasana hati.

Belum lagi, kondisi gula darah yang tidak stabil karena pembatasan menu makanan juga mampu mempengaruhi kondisi psikologis Anda.

3. Perubahan ukuran baju
Salah satu kebahagiaan yang didapatkan dari keberhasilan program diet adalah perubahan ukuran baju yang kian mengecil. Selain menjadi tanda dan ciri diet yang berhasil, perubahan ukuran baju Anda yang dilihat orang lain juga bisa memotivasi mereka untuk ikut menjalani program hidup sehat.

4. Pencernaan lancar
Selain konsisten untuk mengikuti segala menu dalam program diet, penting untuk melakukan olahraga secara rutin agar hasil lebih optimal. Ketika setiap rangkaian program diet sudah Anda lakukan, ditambah mengonsumsi makanan sehat seperti yoghurt, Anda akan merasakan jadwal buang air besar menjadi semakin rutin dan lancar. Perbaikan fungsi pencernaan ini sangat sering ditemukan bagi Anda yang telah sukses menjalankan program diet.

5. Penuh energi seharian
Pada dasarnya, program diet yang baik akan mengatur pola makanan yang masuk ke dalam tubuh secara teratur. Mulai dari menyeimbangkan asupan karbohidrat, protein, dan lemak agar metabolisme tubuh dapat berfungsi optimal sepanjang hari. Pendiri The NY Nutrition Group, Lisa Moskovitz, R.D. menyebutkan, aliran karbohidrat yang seimbang dapat memastikan pelepasan glukosa secara bertahap ke dalam aliran darah, sehingga tubuh akan penuh energi sepanjang hari. Selain itu, asupan protein dan lemak yang seimbang juga dapat membantu mengatur gula darah dan menjaga metabolisme tubuh.

6. Menyukai kegiatan menimbang berat badan
Mengetahui angka di timbangan yang semakin mengecil tentu saja sangat menyenangkan bukan? Selain memastikan kalau menu diet yang Anda jalani membawa pengaruh pada berat badan, mengecek timbangan secara berkala juga mampu mengontrol dan melacak perubahan yang terjadi pada kondisi tubuh. Jika Anda tidak sempat mengeceknya setiap hari, cobalah mengecek setidaknya seminggu sekali, asalkan mengeceknya secara konsisten di hari yang sama.

Berdasarkan Cornel University’s Food and Brand Lab, berat badan seseorang berada paling rendah pada tengah minggu, tepatnya pada hari Rabu pagi. Maka dari itu, jangan lupa dan selalu sempatkan menimbang badan secara teratur.

7. Tidur nyenyak 7-8 jam setiap malam
Sejumlah peneliti menyebutkan dalam sebuah jurnal ilmiah seputar obesitas kalau seseorang yang tidur setidaknya tujuh jam sehari, 33 persen lebih berpotensi untuk menurunkan berat badan. Selain itu, kurang tidur juga dapat memicu produksi hormon ghrelin yang menimbulkan rasa lapar. ** Baca juga: Jangan Konsumsi Teh di Pagi Hari dalam Kondisi Perut Kosong

Bagaimana dengan diet Anda?(ilj/bbs)