oleh

Apa Sebab Tidur Mengigau?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Mengigau merupakan gangguan tidur yang dapat terjadi dalam setiap tahap tidur. Isi igauan bisa melibatkan dialog yang rumit atau monolog, omong kosong, atau hanya sekadar bergumam. Seseorang yang mengalami hal ini biasanya tidak menyadari perilaku mereka sampai ada seseorang yang mengatakan kepadanya.

Meskipun banyak yang menganggap mengigau adalah hal sepele, ternyata ada hal menarik di balik fenomena ini. Dilansir dari WebMD, mengigau ternyata salah satu tipe parasomnia, atau sebuah perilaku abnormal pada saat tidur.

Kondisi ini ternyata sangat normal dan bukan termasuk masalah kesehatan. Meskipun terkadang, mengigau sering mengganggu atau membuat takut orang yang berada di dekatnya.

Orang yang mengigau, menurut para ahli, akan berbicara saat tidur tak lebih dari 30 detik. Namun tidak menutup kemungkinan juga orang itu berbicara panjang lebar seperti bercerita atau mengobrol pada saat malam. ** Baca juga: Takaran Pas Konsumsi Air Putih yang Disarankan

Arthur Arkin, psikolog yang konsen dengan mengatakan bahwa apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh orang yang mengigau. Dijelaskan, orang yang sedang tidur pulas, tiba-tiba mengalami ‘ledakan biru’ yang kemudian diikuti dengan masa tidur yang tenang. Meskipun kadang agak menyeramkan, mengejutkan, dan mengganggu, mengigau bukan penyakit atau gangguan kesehatan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru