oleh

Apa Sebab Susah Tidur Meski Tubuh Sangat Lelah?

Kabar6-Pernahkan Anda mengalami susah tidur di malam hari, padahal tubuh sudah terasa sangat lelah? Mengapa kondisi ini sering terjadi? Adakah yang salah dalam diri Anda?

Umumnya kita akan tertidur dalam waktu 10-20 setelah berbaring di tempat tidur. Dalam jangka waktu itu, kita juga akan jadi lebih banyak menguap, yang disebabkan oleh sebuah zat dalam otak yang bernama adenosine. Melansir Grid, Adenosine adalah zat penting yang ada dalam setiap sel tubuh kita. Fungsi dari zat ini adalah untuk memperlambat denyut jantung dan menormalkan irama detak jantung.

Nah, detak jantung yang melambat saat akan tidur ini penting, agar tubuh menjadi lebih rileks atau santai saat akan tidur. Selain itu, adenosine juga bertugas untuk mengirimkan sinyal ke otak kalau kita sudah mengantuk dan akan membuat tertidur.

Produksi adenosine ini akan semakin banyak kalau kita melakukan banyak aktivitas. Cepat atau lambatnya tidur dipengaruhi banyak faktor. Lalu, apa yang menyebabkan seseorang butuh waktu yang lama untuk tidur, tapi ada juga orang yang bisa dengan cepat tertidur?

Beberapa hal yang mempengaruhi antara lain adalah pola makan, kebiasaan tidur, aktivitas, olahraga yang dilakukan, dan usia. Selain zat adenosine dalam tubuh yang membuat seseorang tidur, hal lainnya yang memengaruhi kapan kita tidur juga dipengaruhi oleh jam sirkadian.

Jam atau ritme sirkadian dalam tubuh berfungsi untuk mengatur kapan waktu kita tidur dan kapan harus bangun. Ritme sirkadian ini dipengaruhi oleh cahaya yang masuk ke mata kita dan akan memengaruhi otak.

Cahaya yang terang memberi tanda pada tubuh untuk beraktivitas, sedangkan cahaya yang rendah atau cenderung gelap akan membuat tubuh memproduksi melatonin yang membuat kita tidur. ** Baca juga: Agar Tetap Aman Dikonsumsi, Begini Cara Panaskan Sisa Makanan yang Digoreng

Inilah sebabnya kita sebaiknya tidur dengan ruangan yang lampunya diredupkan atau dimatikan. Dengan cara ini, maka tubuh akan lebih mudah tertidur karena ritme sirkadian kita menangkap sinyal bahwa inilah saatnya untuk tidur.(ilj/bbs)

Berita Terbaru