oleh

Apa Sebab Seseorang Alami Keringat Berlebihan?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Keringat adalah air yang dikeluarkan oleh kelenjar keringat pada kulit mamalia. Pada manusia, keringat dikeluarkan untuk mengatur suhu tubuh, walaupun ada yang beranggapan bahwa komponen dari keringat laki-laki dapat berfungsi sebagai feromon.

Seberapa banyak Anda saat berkeringat? Mengalami keringat berlebih seringkali membuat tidak nyaman. Terlebih jika aktivitas sehari-hari Anda harus bertemu banyak orang.

Sebenarnya, apa saja yang bisa menjadi pemicu tubuh mengeluarkan keringat berlebih? Dikutip CNN Indonesia dari huffingtonpost, ada tiga alasan yang menyebabkan kondisi tersebut:

1. Faktor gen
Ada faktor gen atau turunan dalam keluarga yang disebut primary hyperhidrosis (PH) yang dapat memicu produksi keringat lebih banyak. Para ahli tidak mengetahui penyebab pasti, akan tetapi bukan karena semata memiliki pori-pori kulit yang besar sehingga keringat berlebih.

Dee Anna Glaser, Profesor dermatologi Saint Louis University School of Medicine, mengatakan hal itu dikarenakan ukuran, jumlah dan lokasi keringat yang hampir dapat dikatakan normal untuk setiap orang.

Ciri-ciri seseorang yang berkeringat dengan berlebihan karena faktor genetik adalah ketika berkeringat sangat banyak di beberapa bagian tubuh seperti di bawah ketiak, tangan dan kaki, bagian atas bibir.

“Delapan dari 10 orang, ada kemungkinan memiliki anggota keluarga yang keringat berlebih dan selalu membawa saputangan untuk lap keringat di wajah atau telapak tangannya,” ujar Direktur Center for Sweat Disorders di John Hopkins Baltimore, Malcom Brock.

2. Mengidap penyakit
Keringat berlebih biasanya juga menjadi salah satu gejala dari sejumlah penyakit yang diderita. Beberapa di antaranya yakni seperti diabetes yang berkaitan erat dengan keringat yang terjadi karena kadar gula darah rendah, dan juga menjadi tanda bahwa diabetes tidak terkontrol dengan baik.

Ada juga kemungkinan yang menyebut keringat berlebih karena obesitas. Diketahui, obesitas dapat memicu aliran oksigen di dalam tubuh tidak lancar, dan membuat tubuh mengeluarkan keringat di kulit lebih banyak.

3. Konsumsi obat-obatan
Beberapa jenis obat-obatan diyakini juga berpotensi menjadi penyebab keringat makin banyak, seperti obat anti depresan, obat penenang, obat jantung, antibiotik dan atau obat hormonal.

Oleh karenanya, jika saat ini Anda dalam konsumsi obat-obatan dan membuat keringat berlebih, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter supaya diberikan obat tanpa efek samping yang membuat tubuh berkeringat banyak. ** Baca juga: Mengapa Tidak Disarankan Terlalu Sering Cuci Muka?

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru