oleh

Apa Sebab Perut Terus Berbunyi Tapi Tidak Lapar?

Kabar6-Pada sebagian orang, perut akan berbunyi saat mereka merasa lapar. Namun perut juga akan berbunyi saat menggerakkan makanan melalui saluran pencernaan sampai ke usus. Dalam proses pencernaan ini, makanan dihancurkan saat lewat.

Suara ini pun disebabkan oleh gas atau udara yang terperangkap dalam liang makanan. Bisa jadi Anda juga mencerna makanan yang sulit untuk dicerna dalam perut. Bunyi perut memang sering memalukan, terlebih apabila Anda sedang berada di tempat umum.

Apabila Anda mengalami kentut terus-menerus, sendawa, kembung, nyeri perut, diare, atau konstipasi, maka sangat penting untuk memeriksakan diri ke dokter. Penyebabnya, melansir DetikHealth, bisa jadi infeksi seperti gastroenteritis atau terlalu banyak minum alkohol.

Konsumsi alkohol yang terlalu banyak bisa menyebabkan suara perut yang keras disertai beberapa masalah. Selain itu ada juga sindrom iritasi usus, saraf, dan juga alergi makanan.

Bagaimana menghentikan suara dari perut jika sangat mengganggu? Caranya mudah, dengan minum air untuk menyeimbangkan kebisingan di perut.

Mengonsumsi diet kaya serat juga bisa membantu kesehatan ususmu. Pertimbangkan mengonsumsi makanan yang lebih ringan dan porsi lebih kecil.

Kemudian cukupkan waktu tidur juga bisa meredakan masalah perut pula dan membuat Anda tidak terlalu stres. Cobalah disertai dengan minum teh herbal dan mendengarkan musik yang menenangkan.

Aktivitas fisik juga bisa membantu tubuh Anda lebih rileks saat perut sedang mencerna makanan. Jaga juga kebersihan untuk menghindari infeksi. ** Baca juga: Cara Sederhana ‘Buang’ Kelebihan Berat Badan

Jadi, suara ‘krucuk-krucuk’ dari perut tak perlu dikhawatirkan, kecuali Anda merasakan nyeri dan sakit bersamaan dengan suara tersebut.(ilj/bbs)

Berita Terbaru