Apa Saja yang Membuat Keriput Muncul?

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Menua dan kulit menjadi keriput adalah proses alami yang akan dialami setiap orang. Nah, tahukah Anda, beberapa penyebab timbulnya keriput tidak berhubungan dengan proses penuaan?

Ya, beberapa perawatan kecantikan dan kebiasaan serta gaya hidup, seperti dilansir Womenshealthmag, juga dapat mempengaruhi proses pembentukan keriput. Apa saja hal-hal yang dimaksud?

1. Merokok
Kebiasaan ini merokok merupakan salah satu hal yang paling sering menyebabkan terbentuknya keriput.

2. Jenis makanan yang Dikonsumsi
Apa yang Anda makan dapat mempengaruhi kondisi kulit. Mengonsumsi terlalu banyak gula dan makanan dengan indeks glikemik yang tinggi tidak hanya dapat membuat Anda menjadi lebih gemuk tetapi juga dapat membuat Anda tampak lebih tua.

Melalui suatu proses yaitu glikasi, maka molekul gula akan bertempelan dengan berbagai protein di dalam kulit, termasuk kolagen yang akan membuat jaringan kolagen menjadi kaku dan berbentuk abnormal. Hal ini akan menyebabkan kulit kehilangan elastisitasnya, yang akan memicu terbentuknya keriput.

Gula dan berbagai karbohidrat sederhana lainnya akan memicu terjadinya proses peradangan di dalam seluruh tubuh yang akan menyebabkan peningkatan kadar insulin. Proses peradangan ini akan memicu terbentuknya berbagai jenis enzim yang akan memecah kolagen dan elastin, yang tentu saja akan membuat kulit menjadi kendur dan terbentuk keriput. Oleh karena itu, hindarilah konsumsi gula dan karbohidrat sederhana.

3. Mengonsumsi minuman beralkohol
Semua jenis minuman beralkohol akan membuat kulit mengalami dehidrasi. Hal ini berarti kulit Anda tidak akan tampak sekencang dan sesegar biasanya di pagi hari setelah mengonsumsi minuman beralkohol.

4. Mengunyah permen karet
Mengunyah permen karet dapat menyebabkan terbentuknya suatu keriput tertentu pada bagian bawah mulut. Selain itu, mengunyah permen karet juga dapat menyebabkan terjadinya berbagai gangguan pada mulut.

5. Tidak membersihkan riasan
Saat tidur tanpa membersihkan riasan di wajah, maka secara tidak langsung Anda mengundang keriput untuk datang. Riasan dan berbagai kotoran yang menempel dan menumpuk pada wajah akan masuk ke dalam pori-pori kulit dan merusak jaringan kolagen serta elastin.

Proses ini akan mempercepat proses penuaan dan membentuk garis halus serta keriput pada kulit wajah. Jadi pastikan Anda membersihkan dan menggunakan pelembap pada kulit wajah setiap malam sebelum tidur.

6. Pencet jerawat
Memencet jerawat dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, iritasi kulit, bekas luka, dan bahkan keriput pada kulit wajah.

7. Mengerutkan wajah saat pakai riasan
Menggunakan riasan sambil mengerutkan alis mata atau membuka mulut dapat membuat terbentuknya keriput pada wajah. Jangan tarik dan renggangkan mata Anda saat menggunakan eyeliner. Goyangkanlah wajah Anda saat menggunakan riasan.

8. Tidak gunakan tabir surya
Meskipun hanya sebentar, paparan sinar matahari dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada lapisan kolagen kulit Anda yang dapat menyebabkan terbentuknya garis halus dan keriput.

Jadi pastikan Anda selalu menggunakan tabir surya setiap hari, baik saat panas maupun hujan, sehingga kulit tidak mengalami kerusakan. Gunakanlah tabir surya dengan SPF 30 dan yang mengandung seng oksida atau titanium oksida.

9. Posisi tidur
Jika Anda tidur tengkurap atau menyamping, maka dapat terbentuk keriput pada sisi wajah yang bersentuhan dengan bantal. Disrankan menggunakan sarung bantal berbahan sutra. Atau bila tidak memungkinkan, pastikan Anda tertidur dalam posisi telentang. ** Baca juga: Hindari Sebarkan Virus Flu, Begini Cara yang Sebaiknya Dilakukan

Yuk, biasakan hidup sehat agar keriput tidak cepat datang.(ilj/bbs)