oleh

Apa Saja Sih Penyebab Bau Mulut?

Kabar6-Siapa tidak malu jika memiliki mulut berbau? Ya, bau mulut selain membuat tidak pede, juga akan menjauhkan Anda dari lingkungan pergaulan.

 

Penyebab bau mulut yang selama ini kita ketahui adalah disebabkan oleh infeksi gusi dan radang tenggorokan. Tapi ternyata ada hal lain yang mungkin belum Anda ketahui tentang penyebab bau mulut.

 

1. Tidak Sarapan

Sarapan pagi dapat meningkatkan produksi saliva atau air liur dalam mulut dan membersihkan lidah dari bakteri penyebab bau mulut.

 

Jika Anda melewatkan sarapan, cenderung memiliki potensi lebih besar mengalami bau mulut akibat bakteri yang tertinggal di dalamnya.

 

2. Liver

Bau mulut bisa jadi sebagai salah satu tanda sedang terjadi masalah pada liver Anda. Saat terjadi kerusakan pada hati, kemampuannya untuk mengatur metabolisme tubuh dan lemak pun akan semakin menurun. Kondisi ini memicu terjadinya peningkatan jumlah bakteri dalam mulut.

 

3. Obat kumur

Tidak semua obat kumur mampu menghilangkan bau mulut. Obat kumur yang mengandung alkohol ternyata justru dapat membuat mulut kamu kering. Akibatnya, bakteri penyebab bau mulut pun akan lebih mudah berkembang.

 

4. Obat-obatan

Obat-obatan seperti penghilang nyeri, obat batuk dan flu, serta obat antidepresi biasanya menimbulkan efek samping setelah dikonsumsi, salah satunya menimbulkan bau mulut.

 

Hal itu disebabkan karena produksi air liur menurun sehingga mulut pun menjadi bau. Jadi, jangan lupa untuk selalu minum banyak air putih setelah mengkonsumsi obat tersebut.

 

5. Mendengkur

Orang yang mengalami apnea tidur atau mendengkur tidak bisa bernapas dengan baik melalui hidung, sehingga proses bernafas pun dilakukan melalui mulut. Akibatnya, saliva atau air liur menjadi lebih cepat kering dan bakteri penyebab bau mulut pun akan semakin cepat berkembang.

 

6. Diet

Terutama jika Anda sedang menjalani program diet tinggi protein. Diet ini akan membuat tingginya jumlah asam amino yang dikonsumsi. Pada akhirnya, asam amino tersebut akan tinggal dalam mulut dan memicu tumbuhnya bakteri penyebab bau mulut.

 

7. Makanan manis

Jenis makanan ini biasanya cenderung meninggalkan bekas yang susah hilang, sehingga memperbesar kemungkinan bakteri untuk terkontaminasi dengan gula di dalamnya.

 

8. Alkohol dan kafein

Mengonsumsi kedua jenis minuman ini membuat produksi air liur akan berkurang dan mulut pun menjadi kering, sehingga memicu bau mulut.

 

9. Daging merah

Sisa makanan ini menyangkut pada gigi yang berlubang, sehingga menyebabkan bau mulut.

 

10. Susu

Bau susu yang khas memang sering tertinggal dalam mulut sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap. ** Baca juga: Langkah Mudah Meminimalisir Tidur Ngorok

 

Rajin menjaga kebersihan mulut akan menjauhkan Anda dari masalah bau mulut.(ilj/bbs)

Berita Terbaru