oleh

Apa Saja Penyebab Penuaan Kulit?

Kabar6-Merawat kulit dengan tepat dapat menghindari sekaligus melindungi kulit dari semua kerusakan yang disebabkan baik secara internal maupun eksternal. Apakah tanda-tanda penuaan hanya terjadi ketika Anda beranjak tua?

Terkadang, tanda penuaan seperti kerutan, garis-garis halus, bintik-bintik hitam, dan lainnya dapat terjadi pada usia muda. Namun, melansir Sindonews, Anda bisa mengetahui beberapa fakta dasar tentang apa yang menyebabkan penuaan dan bagaimana mengendalikannya. Berikut uraiannya:

1. Sinar matahari
Sinar matahari dapat mempengaruhi kulit. Mengekspos kulit ke matahari dapat menyebabkan pembentukan keriput dan garis-garis halus di wajah. Alasan utama adalah sinar UV. Penuaan kulit karena sinar matahari dapat dicegah dengan menggunakan SPF. Cukup gunakan beberapa tabir surya ketika Anda keluar dari rumah secara teratur.

2. Posisi tidur
Ini mungkin terdengar aneh tapi ya, posisi tidur memainkan peran besar dalam mempengaruhi kulit. Tidur menyamping selalu nyaman, tetapi ini dapat merusak kulit. Semua berat badan akan menempel di pipi dan dapat menyebabkan keriput dan garis-garis halus pada kulit.

Garis-garis patahan dapat terjadi karena distorsi kulit akibat kompresi selama tidur. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengubah postur tidur sedemikian rupa sehingga tidak mempengaruhi kulit.

3. Konsumsi rokok & alkohol berlebihan
Studi membuktikan, merokok sangat erat kaitannya dengan penuaan yang lebih cepat. Minum berlebihan bisa menjadi penyebab utama kerutan dini dan garis-garis halus. Penelitian juga menunjukkan ada hubungan yang jelas antara merokok dan kerutan. Minum akan menyebabkan penyusutan pembuluh darah dan menurunnya aliran darah pada kulit dan akhirnya akan menyebabkan pembentukan kerut pada kulit jauh sebelum Anda benar-benar menua.

4. Tidur dengan Make-up
Setelah hari yang panjang dan sibuk, satu hal yang kita nantikan adalah tidur sesegera mungkin. Tetapi jika Anda melakukannya tanpa menghapus make-up, Anda dapat menyebabkan munculnya keriput dan garis-garis halus.

Ada juga kemungkinan munculnya jerawat di kulit jika Anda tidur dengan make-up. Setidaknya bersihkan wajah dengan tisu basah sebelum tidur setiap hari.

5. Stres
Stres adalah sesuatu yang tidak hanya berdampak besar pada pikiran, tetapi juga mempengaruhi kulit dan menyebabkan penuaan pada tingkat yang lebih cepat. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan latihan santai yang akan menenangkan pikiran dan tubuh Anda.

6. Kurang tidur
Kurang tidur bisa jadi karena jadwal kerja kita yang sibuk atau komitmen lain. Apa pun alasannya, tidak mendapatkan tidur yang tepat akan menyebabkan keriput pada kulit. Kurang tidur juga dapat menyebabkan masalah lain seperti lingkaran hitam dan kulit kusam. ** Baca juga: Diet Rendah Karbohidrat & Rendah Kalori, Mana yang Lebih Baik?

Ubah kelima kebiasaan tidak sehat tadi agar kulit jauh dari keriput.(ilj/bbs)

Berita Terbaru