oleh

Apa Saja Penyebab Haid Anda Terganggu?

Kabar6-Tidak sedikit wanita yang mengalami gangguan haid, salah satunya adalah datang bulan tidak teratur. Masalah ini tidak hanya terjadi pada wanita yang sudah menikah saja, tetapi juga pada mereka yang masih single.

Menurut para ahli, penyebab Anda tidak mendapat haid ada banyak hal. Melansir Boldsky, berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan Anda tidak mendapatkan haid:

1. Dalam kondisi stres
Stres dapat mempengaruhi tubuh dan menyebabkan beberapa masalah pada tubuh. Jika sedang mengalami stres, maka Anda bisa kehilangan masa haid karena stres dapat menggangu siklus hormonal Anda.

2. Berat badan berlebih
Jika berat badan Anda lebih dari 92 kg, maka Anda digolongkan obesitas. Dan jika Anda mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur bisa jadi obesitas menjadi penyebabnya.

3. Berat badan kurang
Mengalami gangguan makan dapat menyebabkan organ tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik dan normal. Inilah yang menjadi alasan mengapa Anda tidak mendapat siklus haid yang teratur.

4. Terlalu banyak lakukan perjalanan
Jika sering melakukan perjalanan lintas benua, mungkin Anda bisa mengalami masalah ini. Ketika tubuh berusaha keras melakukan adaptasi terhadap waktu, dapat menyebabkan Anda mengalami siklus haid yang tidak teratur.

5. Olahraga berlebihan
Segala sesuatu yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Ketika Anda mengekspose tubuhdengan latihan fisik yang berlebihan, dapat menyebabkan gangguan organ tubuh, misalnya saja gangguan hormonal yang menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur.

6. Sedang sakit
Penyakit juga merupakan salah satu alasan mengapa Anda tidak mendapatkan menstruasi. Ketika tingkat imunitas menurun, Anda tidak mengalami ovulasi dan menyebabkan siklus menstruasi memanjang.

7. Penyakit tiroid
Wanita yang menderita gangguan tiroid sering mengalami masalah ovulasi dan siklus menstruasi yang tidak teratur. Segala sesuatu yang mengganggu proses ovulasi berjalan normal dapat menyebabkan terlambatnya siklus menstruasi.

8. Pil KB
Saat mengonsumsi pil KB, maka sangat mungkin Anda tidak mendapatkan siklus haid atau siklus haid menjadi tidak teratur. ** Baca juga: Bagaimana Hubungan Antara Tidur & Pertambahan Usia?

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru