Home / Aneka Berita / Sehat / Apa Saja Pemicu Kulit Wajah Jadi Kering?
Ilustrasi/bbs

Apa Saja Pemicu Kulit Wajah Jadi Kering?

Kabar6-Penyebab utama kulit wajah menjadi kering adalah hilangnya kelembapan pada bagian tersebut. Kulit wajah secara normal menyimpan sekira 20–30 persen jumlah air untuk tetap lembap.

Dalam kondisi ini, wajah akan tetap kencang, bersih, dan muda. Sebaliknya saat kelembapan pada wajah berkurang drastis secara terus menerus, kulit pun akan menjadi kering.

Kondisi lingkungan yang terlalu panas menjadi penyebab utama kekeringan pada kulit. Selain itu, faktor genetis dan umur pun ikut menjadi salah satu pemicu kulit menjadi kering. Lantas, apa saja pemicu lain yang menyebabkan kulit kering? Dikutip dari Go Dok, ini dia 5 penyebab yang dimaksud:

1. Berendam air hangat
Berendam terlalu lama dalam air hangat menjadi salah satu penyebab kulit wajah menjadi kering. Termasuk juga berendam lama di sungai atau kolam air dingin.

2. Panas
Terpapar panas secara terus menerus merupakan penyebab paling umum kulit wajah menjadi kering. Terutama jika Anda sering berada terlalu dekat dengan sumber panas, seperti tungku pembakaran dan api unggun, yang mampu mengurangi kelembapan kulit wajah.

3. Mandi air panas
Mandi dengan menggunakan air panas dalam jangka waktu yang lama dapat menjadi penyebab wajah jadi kering. Karena itulah di pagi hari Anda lebih disarankan untuk mandi dengan air dingin yang menyegarkan.

4. Terlalu sering berenang
Berlama-lama dalam kolam renang umum yang mengandung klorin dapat membuat kulit Anda cepat kering.

5. Sabun yang bersifat kasar
Jenis sabun seperti ini biasanya disarankan bagi Anda yang memiliki kulit wajah berminyak, untuk mengurangi kadar sebum di wajah. Namun jika digunakan terlalu sering dalam sehari, sabun jenis ini justru dapat menjadi penyebab wajah jadi kering. ** Baca juga: Kebiasaan Makan Sehari-hari yang Ternyata Keliru

Kulit wajah yang kering biasanya juga dialami oleh penderita dermatitis atopik, alias eksema. Tak hanya itu, kulit wajah yang kering juga akan meningkat pada umur 40 tahun ke atas, atau jika Anda tinggal di lingkungan beriklim kering, dingin, panas, dengan tingkat kelembapan yang rendah.(ilj/bbs)

Check Also

Normalnya, Berapakali Wanita Berkemih dalam Sehari?

Kabar6-Seringkali karena toilet yang jauh jaraknya, atau sedang sibuk dengan pekerjaan, sebagian wanita malas berkemih ...