Home / Aneka Berita / Sehat / Apa Saja Makanan yang Disarankan & Dihindari Saat Musim Penghujan?
Ilustrasi/bbs

Apa Saja Makanan yang Disarankan & Dihindari Saat Musim Penghujan?

Kabar6-Memasuki musim penghujan, biasanya daya tahan tubuh menurun sehingga menyebabkan beberapa gangguan kesehatan. Terlebih jika Anda bukanlah penganut pola hidup sehat.

Karena itulah disarankan agar Anda tidak asal memilih makanan saat musim hujan. Dikutip Sindonews, ada beberapa makanan yang perlu dihindar karena dapat membahayakan kesehatan, di antaranya adalah daging merah dan susu.

Seorang ahli gizi bernama Bhavishya Wadhwa menyebutkan, sangat penting mengurangi asupan susu dan daging merah selama musim dingin. Susu dapat menyebabkan dahak dan penebalan dahak dalam tenggorokan. Hal ini dapat meningkatkan iritasi pada tenggorokan dan membuat Anda tidak nyaman.

Sementara daging merah meskipun mengandung protein kuat, pada saat bersamaan bisa menyebabkan terbentuknya lendir di tenggorokan. Daging olahan dan daging yang mengandung lemak tinggi juga harus dihindari.

Protein tanpa lemak yang ditemukan pada ikan dan daging disebut lebih aman. Untuk itu Anda disarankan mengonsumsi jahe, kunyit, kacang-kacangan, dan madu saat musim hujan. ** Baca juga: 5 Jenis Makanan yang Bantu Jaga Kesehatan Kuku

Keempat jenis makanan tadi dinilai dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membuat tubuh menjadi hangat pada cuaca dingin. Selain itu, juga mencegah beberapa penyakit berbahaya yang dapat menyerang tubuh.(ilj/bbs)

Check Also

Benarkah Cukup Minum Bikin Badan Langsing?

Kabar6-Sejumlah ahli bahkan berpendapat, konsumsi air putih dalam jumlah memadai dapat membantu seseorang yang sedang ...