oleh

Apa Saja Ciri Makanan Sehat?

Kabar6-Apakah Anda sudah menjalankan pola makan yang benar? Memiliki pola makan tepat menjadi kunci hidup yang lebih sehat, sehingga dapat meminimalisir sejumlah gangguan kesehatan.

Saat menyantap makanan sehat, dianjurkan agar sayuran dan buah-buahan mendapat porsi separuh bagian piring setiap makan. Sementara itu, separuh bagian piring lainnya diisi dengan makanan pokok sumber karbohidrat dan lauk pauk yang banyak mengandung protein.

Harus diakui, memilih makanan sehat memang gampang-gampang susah. Bagaimana caranya? Melansir Femina ini lima ciri makanan sehat:

1. Masih sama atau minimal mirip dengan bentuk aslinya di alam. Masih mempunyai tekstur, warna, dan bentuk seperti aslinya di alam.

2. Masih mengandung semua kebaikan yang seharusnya terkandung dalam makanan itu, seperti antioksidan, enzim, dan serat pada sayuran dan buah, kulit ari dan rice bran pada butir beras yang tidak dipoles dan diratifikasi.

3. Tidak butuh label daftar komposisi, karena tak butuh pembenaran tentang kandungan bahan bakunya yang tidak alamiah.

4. Tidak menimbulkan kecanduan konsumen, karena makanan alamiah dasarnya adalah pemenuhan kebutuhan. ** Baca juga: ‘Me Time’ Penting untuk Minimalisir Stres

5. Tidak akan bertahan lama dalam penyimpanan, apalagi jika distok dalam kondisi yang tidak sesuai, tanpa pendingin misalnya.

Cermat memilih makanan sehat berdampak positif bagi tubuh kita.(ilj/bbs)

Berita Terbaru