oleh

Apa Saja Buah & Sayuran yang Tinggi Antioksidan?

Kabar6-Antioksidan merupakan molekul yang mampu memperlambat atau mencegah proses oksidasi molekul lain. Oksidasi adalah reaksi kimia yang dapat menghasilkan radikal bebas, sehingga memicu reaksi berantai yang dapat merusak sel. Antioksidan seperti tiol atau asam askorbat (vitamin C) mengakhiri reaksi berantai ini.

Antioksidan dideskripsikan sebagai sesuatu hal yang bermanfaat bagi tubuh manusia, mulai dari mencegah penuaan hingga anti kanker. Diketahui, buah dan sayuran selain menyehatkan juga mengandung antioksidan yang tinggi, dapat membantu melawan bahan-bahan kimia yang masuk ke tubuh dan dapat membahayakan kesehatan. Melansir healthmeup, ini dia lima buah dan sayur yang dimaksud:

1. Beri
Buah beri banyak mengandung serat, mineral dan vitamin yang sarat dengan antioksidan. Blueberry, raspberry dan blackberry kaya dengan proanthocyanidins, antioksidan yang dapat membantu mencegah kanker dan penyakit jantung. Selain proanthocyanidins, beri juga mengandung asam ellagic yang akan memperlancar sistem pencernaan. Blueberry juga dapat menunda timbulnya gejala berkaitan dengan usia seperti hilangnya fungsi kognitif. Campurkan beri dengan yoghurt atau tambahkan ke dalam salad dan makan mentah-mentah.

2. Brokoli
Brokoli dikenal sebagai sayura yang ramah untuk jantung dan mampu melawan kanker. Sayuran ini mengandung senyawa yang disebut indole-3-carbinol, yang dapat memperkuat saluran pencernaan, mengurangi risiko kanker payudara dan kanker sensitif estrogen lain, seperti kanker indung telur dan leher rahim.

3. Lemon
Lemon berguna dalam mengobati batuk dan sesak napas. Lemon juga dapat mengobati nyeri ulu hati dan masalah pencernaan lainnya. Selain itu lemon mampu mempertahankan keseimbangan elektrolit tubuh. Kandungan antioksidan dalam lemon berguna untuk mencegah terjadinya penyakit jantung dan kanker.

4. Apel
Apel diketahui mengandung serat tinggi yang dapat menurunkan kadar kolesterol darah dan kadar gula darah. Apel juga mengandung vitamin C yang mencegah terjadinya anemia karena vitamin C membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.

5. Bayam
Bayam mengandung 13 jenis asam flavonoid yang akan mencegah terjadinya kanker, penyakit jantung dan osteoporosis. ** Baca juga: 4 Jenis Makanan yang Tidak Perlu Masuk Kulkas Setelah Dibuka

Murah dan mudah didapat, bukan? (ilj/bbs)

Berita Terbaru