oleh

Apa Perbedaan Manfaat Antara Mandi Air Dingin & Hangat?

Kabar6-Sebagian orang lebih senang mandi air dingin karena menurut mereka lebih terasa menyegarkan. Sementara sisanya memilih mandi dengan air hangat untuk membuat tubuh lebih rileks. Sebenarnya apa sih perbedaan manfaat mandi air dingin dan hangat? Dikutip dari Aura, berikut penjelasannya:

1. Air hangat
Mandi air panas bisa menghilangkan ketegangan dan menenangkan otot yang kaku. Jika Anda memiliki pancuran air yang kuat dan deras, biarkan air panas bekerja seperti pemijat di bahu, leher, dan punggung Anda.

Studi menunjukkan, mandi air hangat bisa meningkatkan kadar oksitosin dan meredakan kecemasan. Siapa pun yang bekerja dengan penuh tekanan, perlu menggunakan lebih banyak hormon ini dalam kehidupan mereka. Mandi air hangat juga bertindak sebagai dekongestan alami untuk menghilangkan gejala dingin, karena uap hanat melembapkan saluran hidung.

2. Air dingin
Mandi air dingin sebenarnya sangat bagus untuk tubuh. Mengaktifkan shower dingin selama lima menit terakhir bisa membuat tubuh Anda terjaga. Perubahan suhu instan ini mengurangi kelelahan tubuh dan meningkatkan kewaspadaan mental Anda.

Mandi air dingin selama dua atau tiga menit sekali atau dua kali sehari direkomendasikan oleh peneliti sebagai pengobatan untuk depresi. Pastikan Anda memeriksakan diri dengan dokter Anda sebelum mencobanya.

Di sisi lain, mandi air dingin lebih baik untuk rambut dan kulit kita. Bila mandi air panas bisa mengeringkan, mandi dingin menghidrasi dan membantu menghilangkan kulit kering. ** Baca juga: Hindari Bahaya yang Terkandung dalam Lipstik Merah

Jadi, Anda pilih yang mana? (ilj/bbs)

Berita Terbaru