oleh

Apa Penyebab Tubuh Mudah Letih Saat Work From Home?

Kabar6-Rutinitas harian tiap orang selama work from home (WFH) atau bekerja dari rumah, otomatis akan berubah. Namun di satu sisi, tidak bisa dipungkiri bahwa sebagian orang justru merasa gampang letih selama bekerja dari rumah.

Rasa letih tersebut bisa disebabkan oleh sejumlah faktor yang kompleks. Melansir Fimela, berikut beberapa penyebab tubuh mudah letih saat WFH:

1. Stres
Stres kronis bisa mengganggu sistem stres tubuh, dan menjadi penyebab umum keletihan kronis. Istilah keletihan adrenal mengacu pada kondisi stres kronis yang dipengaruhi oleh kelenjar adrenal dan produksi kortisol.

Bekerja dari rumah dalam kurun waktu yang lama bisa menyebabkan stres. Hal inilah yang kemudian bisa membuat kita merasa gampang letih.

2. Pola makan yang buruk
Sebagian besar orang yang mengalami kondisi tubuh gampang letih disebabkan oleh pola makan yang buruk. Kurang konsumsi buah dan sayur, kekurangan vitamin dan mineral, dan terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi lemak dan gula bisa jadi penyebabnya. Untuk itu, selama di rumah usahakan untuk mengatur pola makan jadi lebih baik dan bernutrisi.

3. Ketidakseimbangan hormon
Keletihan bisa disebabkan oleh kadar hormon yang tidak seimbang seperti hormon tiroid, testosteron, estrogen, dan progesteron. Kadar hormon tirodi yangrendah bisa menyebabkan penyakit autoimun tiroid yang merupakan salah satu gangguan paling umum yang berkaitan dengan hormon.

Pada wanita, gejala menopause seperti berkeringat pada malam hari juga dapat menyebabkan keletihan. ** Baca juga: Tidak Sembarangan, Pakai Hand Sanitizer dengan Cara yang Benar

4. Kecemasan dan depresi
Sebagian besar orang yang mengalami depresi akan merasa gampang letih. Dalam sebuah penelitian, lebih dari 90 persen pasien dengan depresi mayor mengalami keletihan parah, meski lebih dari 80 persen pasien tersebut telah mengonsumsi obat anti depresi.

5. Gaya hidup sedentary
Sedentary adalah gaya hidup di mana seseorang kurang dalam aktivitas fisik. Bekerja dari rumah mungkin membuat kita jadi kurang bergerak. Kurang olahraga dan kurang aktivitas fisik dapat menurunkan kondisi tubuh dan sistem kardiovaskuler.

Kondisi ini pun bisa menyebabkan keletihan. Untuk itu, penting bagi kita untuk tetap menjaga pola hidup dengan cukup gerak dan aktivitas fisik selama di rumah untuk membuat tubuh lebih energik.

Jaga pola makan sehat dan rutin berolahraga selama pandemi COVID-19.(ilj/bbs)

Berita Terbaru