Apa Penyebab Seseorang Gampang Alami Depresi?

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Apakah Anda termasuk orang yang gampang mengalami depresi? Sebuah penelitian yang dilakukan oleh beberapa lembaga seperti The University of Colorado Boulder, The Channing Division of Network Medicine di Brigham, dan Women’s Hospital di Boston menunjukan, kesukaan tidur dan bangun mempengaruhi kebugaran dan kondisi mentalitas kita.

Tim peneliti, melansir medicalnewstoday, melakukan penelitian atas 32.470 wanita berusia rata-rata 55 tahun. Tim juga meneliti hal-hal yang mempengaruhi siklus tidur bangun seseorang seperti paparan sinar matahari dan jadwal kerja. Selain itu, mencatat faktor lain yang berhubungan dengan depresi seperti berat badan, aktivitas fisik, penyakit kronis dan durasi tidur.

Hasilnya, sebanyak 37 persen adalah mereka yang bangun pagian, 10 persen tipe ‘burung hantu”, dan 53 persen di antara dua kategori tersebut. Mereka yang bangun lebih pagi dibandingkan dengan rata-rata orang memiliki risiko mengalami depresi lebih rendah sekira 12-27 persen. Sedangkan mereka yang termasuk tipe burung hantu atau kalong ini enam persen lebih tinggi kemungkinannya mengalami gangguan mood atau suasana hati. ** Baca juga: Kebiasaan Sehari-hari yang Berakibat Buruk Bagi Kesehatan

Jadi saat sedang gelisah tidak menentu, ada baiknya Anda mencoba bangun pagi. Selain itu, hindari hang out hingga malam atau pagi hari agar bisa istirahat cukup dan bangun lebih pagi dengan tubuh dan otak yang lebih segar.(ilj/bbs)