oleh

Apa Itu Vaginismus?

Kabar6-Vaginismus adalah suatu disfungsi seksual pada wanita, yang berupa kekejangan abnormal otot vagina sepertiga bagian luar dan sekitar vagina.

 

Pada kondisi ini, wanita akan mengalami reaksi fisik dan psikis sebagai bentuk penolakan, bukan hanya terhadap hubungan seksual, bahkan terhadap sentuhan atau usaha rangsangan di area vital (vagina), yang mengakibatkan terhambatnya rutinitas bercinta.

 

Reaksi akan nampak terlihat dari wanita dengan vaginismus, karena ia cenderung merapatkan kedua tungkainya bila terjadi sentuhan pada area kelaminnya.

 

Vaginismus bisa menyerang wanita dengan variasi usia. Mulai dari usia ketika seorang wanita sudah aktif secara seksual, sampai wanita yang sudah berusia lanjut. Diduga, sekitar 2-3 persen wanita dewasa mengalami vaginismus.

 

Jadi, apa sih penyebab vaginismus? Secara luas, penyebab psikologis umum dapat dibagi menjadi tiga kategori:

 

1. Pengetahuan tentang seks yang salah

Beberapa wanita mungkin dibesarkan dengan anggapan kalau seks adalah sesuatu yang buruk dan berbahaya. Adanya budaya kuat atau hal tabu dalam kepercayaan yang membuat Anda merasa bersalah atau malu ketika merasakan gairah seksual.

 

Dalam hal ini, pubertas mungkin dihubungkan dengan perasaan kotor atau memalukan. Terlebih jika diberi pengertian bahwa seks itu menyakitkan.

 

2. Pengalaman traumatis

Dapat berupa hubungan yang menyakitkan dengan pasangan sebelumnya, atau sebagai akibat dari pemerkosaan atau pelecehan seksual yang pernah dialami.

 

3. Hubungan yang kurang harmonis

Mungkin Anda dan pasangan sedang memiliki masalah yang belum juga terpecahkan. Nah, kondisi ini setidaknya memberikan kontribusi terjadinya vaginismus.

 

Bagaimana cara meminimalisir vaginismus?

 

1. Bersikap rileks, berlatih teknik pernafasan dan mendengarkan musik favorit yang dapat membuat Anda merasa rileks.

2. Kenali badan Anda dengan baik. Latihlah otot vagina Anda untuk membantu mengontrol respon, misalnya melalui senam kegel.

3. Pusatkan waktu Anda untuk menikmati sensasi menyenangkan dari sentuhan, dan pastikan Anda sudah benar-benar terangsang sebelum mencoba untuk menerima penetrasi. ** Baca juga: Cari Tahu Rahasia Perempuan

 

Ubahlah pandangan Anda tentang seks bukan lagi sebagai sesuatu yang menyakitkan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru