Apa Itu Fobia Sosial?

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Menurut Social Anxiety Institute, gangguan kecemasan sosial atau yang biasa dikenal dengan fobia sosial adalah masalah mental ketiga terbesar yang dialami orang Amerika Serikat.

Selama ini, melansir Okezone, mungkin Anda mengira bahwa fobia sosial hanya terjadi pada lingkungan yang tidak dikenal seperti pesta atau acara-acara yang mengharuskan Anda membaur dengan orang asing. Padahal, menolak datang ke arisan keluarga atau acara keluarga lainnya pun tergolong dalam masalah ini. DeAnna Jordan, Direktur Klinis New Method Wellness, mengungkapkan bahwa kecemasan sosial lebih umum terjadi pada orang-orang yang introvert bahkan dialami banyak orang di seluruh dunia.

Salah satu alasan munculnya masalah ini adalah ketakutan masa lalu atau pemikiran yang terdistorsi tentang apa yang dipikirkan orang lain. “Kecemasan sosial lebih tentang rasa takut berada di sekitar kelompok orang,” kata Jordan.

Dijelaskan, kecemasan sosial tidak dapat ‘dimatikan’ dengan mudah. “Perasaan negatif akan dinilai, dikritik, atau dilihat oleh orang lain bersifat persisten dan mengganggu (dan meliputi) setiap bidang kehidupan secara akademis, profesional, dan sosial,” jelasnya. ** Baca juga: Makanan Sehat yang Bantu Atasi Flu

Apakah Anda pun mengidap fobia sosial? (ilj/bbs)