oleh

Apa Itu Diet ‘Special K’?

Kabar6-Ada beragam jenis diet yang mungkin sudah Anda kenal. Tapi tahukah Anda ada jenis diet yang dinamakan ‘Special K’. Ya, metode penurunan berat badan ini sempat populer pada 2004 silam, yang diklaim anti ribet dan ampuh mengecilkan ukuran pinggang.

Sebuah label sereal bernama Kelloggs, dilansir WebMD, adalah pencetus ide diet ini, yang memiliki aturan yang cukup sederhana, yaitu sarapan dan makan dengan sereal dan susu, kemudian malamnya makan dengan menu seimbang sesuai selera.

Diet Special K didesain untuk penurunan berat badan secara cepat dan bukan merupakan program jangka panjang. Tidak ada petunjuk dari buku, ahli atau olahraga yang direkomendasikan. Semuanya bergantung pada petunjuk yang tercantum pada bungkus sereal.

Disebutkan, sereal ini tak seluruhnya dibuat biji-bijian utuh, sehingga rendah serat dan protein. Sereal ini juga rendah kalori, maka tak heran diet ini diklaim bisa menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Beberapa komentar mengatakan bahwa mereka mengalami penurunan berat badan cukup signifikan. Bahkan ada pula yang turun hingga 31,7 kilogram.

Meski demikian, ada pula yang berat badannya malah naik nyaris satu kilogram, meskipun sudah berolahraga. Namun ada pula yang turun hingga 1,8 kilogram, meskipun penurunan ini tak bertahan dalam sehari. Beberapa orang malah tak mengalami perubahan apapun. Sementara itu, banyak wanita yang dilaporkan mengalami penurunan berat badan saat mengikuti petunjuk diet. Namun kebanyakan menyerah karena diet ini hanya meninggalkan rasa lapar. ** Baca juga: Ternyata Pada Jam Ini Libido Wanita Sedang Tinggi

Sayangnya, para ahli tak menyarankan orang untuk mengikuti diet Special K karena terlalu rendah protein, serat, buah dan sayur. Olahraga dan komponen lain yang mendukung perubahan berkelanjutan pun tidak tercantum dalam petunjuk diet.(ilj/bbs)

Berita Terbaru