Home / Aneka Berita / Sehat / Apa Beda Antara Pusing & Sakit Kepala?
Ilustrasi/bbs

Apa Beda Antara Pusing & Sakit Kepala?

Kabar6-Bisakah Anda membedakan antara sakit kepala dan pusing? Seringkali sakit yang menyerang bagian kepala itu disebut pusing, namun sebagian orang menyebutnya sakit kepala.

Ya, banyak yang mengira kalau keduanya memiliki makna yang sama. Padahal, kedua kondisi tersebut sebenarnya memiliki gejala yang berbeda. Melansir Teen, ketika salah mengartikan pusing dengan sakit kepala kepada dokter, kemungkinan terburuknya adalah bisa salah diagnosis. Obat yang diresepkan pun mungkin tidak sesuai dengan kondisi sakit kita. Lantas, apa perbedaan keduanya?

Pusing adalah kondisi kepala yang terasa tidak enak. Saat merasa pusing, kita biasanya merasa seperti akan pingsan. Gejalanya kadang juga disertai dengan keluhan mual atau muntah. Meskipun merasa pusing, orang yang mengalami pusing tidak merasakan sensasi berputar, berbeda dengan vertigo.

Sementara nyeri kepala atau sakit kepala adalah kondisi saat kita merasakan rasa sakit di seluruh atau sebagian area kepala. Saat merasakan gejala sakit kepala, kita tidak merasakan gangguan keseimbangan dan tidak mengalami sensasi berputar. ** Baca juga: 3 Jenis Makanan yang Bisa Jadi Penyebab Berat Badan Selalu Naik

Lokasi nyeri atau sakit kepala bisa di seluruh kepala (tension-type headache), satu sisi kepala (migraine), leher, sekitar mata (cluster headache), atau area-area tertentu di wajah.(ilj/bbs)

Check Also

Yuk, Mulai Kurangi Dengar Musik Lewat Earphone

Kabar6-Demi privasi, banyak orang memaki earphone untuk mendengar musik, sambil beraktivitas. Diketahui, telinga manusia memiliki ...