oleh

Apa Bahaya Konsumsi Vitamin C Secara Berlebihan?

Kabar6-Selama pandemi COVID-19 ini, kita disarankan untuk menjaga daya tahan tubuh, salah satunya adalah dengan mengonsumsi vitamin C. Meskipun demikian, bukan berarti Anda boleh berlebihan mengonsumsi vitamin C, lho.

Mengapa begitu? Konsumsi vitamin C dalam dosis tinggi dapat menyebabkan efek samping yang membahayakan. Melansir Healthline, efek yang samping yang dapat ditimbulkan adalah gangguan pencernaan, terutama jika mengomsumsi vitamin C dalam bentuk suplemen, ditambah dengan dosis 2.000 mg sekaligus, karena memicu asam lambung.

Mengonsumsi vitamin C dengan dosis tinggi juga dapat menyebabkan kelebihan zat besi, karena sifatnya yang menyerap zat besi. ** Baca juga: Bagaimana Penjelasan COVID-19 Dapat Menular Lewat Mata?

Sebuah studi pada orang dewasa menemukan, penyerapan zat besi meningkat hingga 67 persen saat seseorang mengonsumsi 100 miligram vitamin C. Terutama bagi yang memiliki kondisi hemochromatosis, atau kondisi di mana kadar zat besi di dalam tubuh berlebihan.

Selain itu juga meningkatkan risiko batu ginjal, ketika tubuh kelebihan vitamin C, maka akan dikeluarkan dari tubuh karena dianggap sebagai oksalat atau limbah tubuh. Oksalat umumnya dikeluarkan melalui urine.

Namun dalam beberapa kasus, oksalat dapat membentuk kristal yang menimbulkan pembentukan batu ginjal. Hal inilah mengapa mengonsumsi vitamin C terlalu banyak dapat menyebabkan timbulnya batu ginjal,

Sebuah penelitian pada orang dewasa menemukan, mengonsumsi suplemen vitamin C 1.000 miligram dua kali sehari selama enam hari meningkatkan jumlah oksalat hingga 20 persen. Laporan gagal ginjal terjadi pada orang yang mengonsumsi lebih dari 2.000 miligram dalam sehari.

Jadi, konsumsi vitamin C dalam dosis yang dianjurkan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru