oleh

Apa Alasan Sebaiknya Tidak Cuci Telur Mentah Sebelum Diolah?

Kabar6-Mungkin Anda termasuk salah satu orang yang mempunyai kebiasaan mencuci kulit telur sebelum merebus atau mengolah menjadi masakan. Alasannya, agar kuman atau bakteri tidak menempel pada kulit telur.

Namun tahukah Anda, kebiasaan mencuci telur mentah dimaksud untuk menghindari telur terkontaminasi kuman atau bakteri, ternyata kurang disarankan? “Jika Anda mencuci telur sebelum memasaknya, cangkang telur yang keropos dan air justru dapat mendorong bakteri ke dalam telur,” ungkap Amy Leigh Mercree, pakar kesehatan holistik dan penulis buku The Mood Book.

Meski Amy menyebut bahwa ada potensi bakteri terbentuk di permukaan telur, melansir beberapa sumber, apabila Anda mencucinya menggunakan air dingin atau air mengalir, maka itu akan memperburuk keadaan.

“Karena cangkang telur sangat keropos, Anda mendorong bakteri ke permukaan dalam telur dan itu menimbulkan risiko yang jauh lebih besar untuk mencemari bagian telur yang akan Anda makan,” urainya.

Meskipun begitu, Amy tetap mengakui bahwa telur segar yang Anda beli, biasanya belum mengalami proses pencucian yang ketat, memang memiliki potensi lebih besar untuk bersentuhan dengan kotoran.

Jadi, meski Amy tetap tidak merekomendasikan untuk mencuci kulit telur, jika Anda tetapi ingin melakukannya maka pastikan menggunakan air hangat dan menghindari sabun.

Apabila Anda membeli telur yang dijual secara komersial, Amy menyarankan untuk jangan mencucinya. Hal tersebut karena perusahaan umumnya akan mengharuskan proses pencucian semua telur yang diproduksi, yang menghilangkan lapisan pelindung alami, disebut ‘bloom’ atau ‘cuticle’ dari permukaan telur.

Namun, permukaan telur akan diolesi selaput minyak mineral untuk mencegah bakteri masuk dan berpotensi mencemari telur. ** Baca juga: Perlukah Sit-Up untuk Kecilkan Perut?

Jadi, jika Anda masih ingin mencuci telur mentah sebelum diolah, jangan lupa menggunakan air hangat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru