oleh

Antisipasi Penumpukan Pemudik, 49 Kapal Roro Disiapkan

Kabar6-Lonjakan penumpang yang terjadi jelang lebaran ini, akan membuat waktu bongkar muat kapal roro di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, diperkirakan membutuhkan waktu satu jam.

 

Menurut Sekretaris Dirjen Hubungan Darat (Setdirjen Hubda), Hary Kriswanti, jika kondisi itu terjadi, jumlah kapal akan ditambah.

 

“Bongkar muat satu jam. Ada perubahan (waktu bongkar muat) kalau ada sesuatu tak terduga. Sesuatu tak terduga itu, misalkan jumlah penumpang luar biasa, kita bisa menambah jumlah kapal,” jelasnya, saat meninjau posko terpadu arus mudik di Pelabuhan Merak, Minggu (12/7/2015).

 

Hal itu, kata Hary, sudah sesuai prosedur yang ada dan telah memenuhi standar bongkar muat kapal.

 

Hary meyakini bahwa meskipun terjadi lonjakan penumpang saat puncak arus mudik, tidak akan terjadi penumpukan penumpang.

 

“28 kapal sehari, yang disiapkan 49 kapal. Dari merak 112 trip perjalanan,” ujarnya. ** Baca juga: Hujan Deras, Lalu Lintas Penyeberangan di Pelabuhan Merak Dijamin Aman

 

Diketahui, berdasarkan data terakhir, sebanyak 282.468 penumpang dan 53.280 kendaraan telah menyeberang dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung. (tmn/din)

Berita Terbaru