oleh

Antisipasi Lonjakan Covid-19, Bupati Zaki Kumpulkan Seluruh Kepala RS di Kabupaten Tangerang

Kabar6-Mengantisipasi adanya lonjakan kasus Covid-19 di Kab. Tangerang, Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar mengumpulkan seluruh Kepala Rumah Sakit Pemerintah dan RS Swasta yang ada di Kab. Tangerang, acara tersebut digelar secara virtual, Rabu (16/6/21).

Selain seluruh Kepala Rumah Sakit, diundang juga seluruh Camat dan Kepala Puskesmas di seluruh Kab. Tangerang, di sela-sela rapat tersebut Bupati mengatakan, di Kabupaten Tangerang dua minggu terakhir ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan termasuk temuan-temuan kasus dan cluster baru di wilayah Kabupaten Tangerang yang silih berganti dari daerah satu ke daerah daerah lainnya, dan juga kasus baru yang terjadi di kecamatan yang sebelumnya minim kasus.

“Bapak ibu sekalian terutama para mitra fasilitas kesehatan Se-Kabupaten Tangerang diinformasikan untuk kita bersiap melaksanakan penambahan tempat tidur perawatan khusus pasien covid-19, baik itu tempat tidur perawatan biasa maupun tempat perawatan ICU, apabila dimungkinkan untuk melakukan penambahan segera informasikan kepada kami, untuk dapat kita bantu sesuai dengan kemampuan dan kewenangan yang ada,” kata Bupati Di Ruang Rapat Cituis.

Ke depan 1-2 minggu, Ia tidak berharap ada ledakan kasus tapi apa yang terjadi di Jakarta pada saat ini khususnya 3 sampai 5 hari terakhir ini, cukup mengkhawatirkan dan Presiden sudah menginstruksikan untuk semua wilayah dengan lonjakan kasus baru yang terjadi baik di Pulau Jawa maupun di luar pulau jawa ini, juga berimbas dan berdampak kepada wilayah Kabupaten Tangerang.

Dalam kesempatan tersebut Bupati memberikan arahan,

1. Kita kemungkinan persiapan untuk melakukan penambahan tempat tidur perawatan bagi pasien yang terpapar Covid-19 dan segera disampaikan kepada Dinas Kesehatan.

2. Terkait dengan program vaksinasi massal yang akan kita laksanakan dalam waktu dekat, manakala vaksin yang diberikan dari Kementrian Kesehatan melalui Dinkes Provinsi dan juga Dinkes Kab. Tangerang, kami mohon kerjasamanya seluruh pihak, baik itu pihak dari RSUD yang ada di Kab. Tangerang termasuk Camat untuk mempercepat proses vaksinasi kepada masyarakat terutama untuk kategori-kategori yang kita prioritaskan, para manula dan seluruh yang berkaitan dengan pelayanan publik seperti para pedagang di pasar para tenaga bantu dan pelayan yang ada di mall maupun di restoran maupun yang ada di warung-warung termasuk para pedagang asongan.

“Kami berharap program vaksinasi 15.000 per hari bisa kita laksanakan di Kab. Tangerang dan tentu saja dengan menyelenggarakannya di berbagai macam tempat maupun fasilitas kesehatan yang ada di Kab. Tangerang, dengan begitu tidak ada kumpulan masyarakat dalam jumlah besar di satu titik, ini akan mempermudah dan mempercepat proses vaksinasi kepada masyarakat,” ungkap Bupati.

Bupati juga mengajak kepada seluruh camat untuk bekerjasama, bergotong-royong bersama seluruh elemen masyarakat yang ada di wilayah masing-masing untuk melaksanakan pembagian masker dan sanitizer dan kampanye protokol kesehatan yang kita lakukan untuk mengingatkan kembali masyarakat terhadap disiplin dan juga kegiatan semuanya harus melalui protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

“Untuk semua kita akan tambah yang tadinya 4 M menjadi 5 M sekarang, yang pertama Selalu Memakai Masker, yang kedua Selalu Menjaga Jarak, yang ketiga Selalu Mencuci Tangan dengan Air dan Sabun, yang keempat Menghindari Kerumunan dan yang terakhir Mengurangi Mobilitas. Kami juga sedang mempertimbangkan untuk pembatasan kegiatan perkantoran, di pabrik dan juga di pusat perbelanjaan dalam rangka meminimalisir sentuhan dan kontak antar masyarakat dan juga warga yang beraktivitas di lokasi tersebut,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh Camat, Kepala Puskesmas, Kepala Rumah Sakit yang selama ini terus menerus bekerjasama dan berkoordinasi termasuk berkolaborasi terus melaksanakan kegiatan, baik itu pemantauan evaluasi 3T maupun vaksinasi.

“Dapat terus kita lanjutkan bersama-sama karena pandemi belum berakhir dan tentu saja kebersamaan kita pada saat ini sangat dibutuhkan, tidak perlu ada yang saling salah menyalahkan ataupun saling tuding karena ini adalah kerja kita semuanya, kerja kita bersama dan tentu saja dibutuhkan koordinasi kolaborasi yang sangat yang erat,” paparnya.

**Baca juga: UPH Karawaci Gelar Sentra Vaksin bagi Publik dan Mahasiswa

“Semoga langkah-langkah persiapan dan juga deteksi dini yang kita lakukan termasuk juga kemudian program-program dalam penanganan masyarakat yang terpapar bisa segera pulih, dan kita juga bisa menekan angka laju penyebaran virus Covid-19 di wilayah Kabupaten Tangerang,” harap Bupati Zaki.(BL)

Berita Terbaru