oleh

Antisipasi Kehilangan Air, DPAM TKR Gelar “Baca Meter”

Petugas PDAM TKR saat “Baca Meter”.(tia)

Kabar6-Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Kerta Raharja (PDAM TKR) menggelar kegiatan “Baca Meter” yang diikuti oleh para pimpinan direksi di wilayah 1 Tangerang.

Kabid Humas PDAM TKR, Samsudin Sidik mengatakan, tujuan diadakannya pemeriksaan itu untuk menurunkan angka kehilangan air atau Non Revenue Water (NRW).

“Ditahun 2016, tercatat angka NRW kami mencapai 30 persen dari angka produksi. Kami targetkan tahun ini bisa ditekan menjadi 9,5 persen melalui berbagai upaya salah satunya pemeriksaan Baca Meter yang didampingi oleh para direksi,” ujar Samsudin kepada kabar6.com, Kamis (2/3/2017).

Menurutnya, pemeriksaan ini menjadi hal penting dilakukan guna menemukan sumber kehilangan air PDAM TKR, baik secara teknis ataupun non teknis. Kegiatan pemeriksaan itupun melibatkan sembilan anggota direksi guna turut mendampingi.

“Mereka adalah para pejabat struktural yang terdiri dari bagian Kepegawaian, Keuangan, Produksi, Pemeliharaan, Gudang, Pelayanan Pelanggan, dan Perencanaam Teknik dengan fokus di wilayah 1 terlebih dahulu. Bulan April menyusul wilayah 2 dan 3. Mereka hanya mendampingi saja, melihat langsung ke lapangan,” tegasnya.

Kegiatan “Baca Meter” yang dilakukan PDAM TKR.(tia)

Sedianya, pemeriksaan itu guna melihat apakah meteran sudah sesuai dengan penggunaan. “Kalau tidak sesuai, maka berpeluang terjadi kehilangan air. Nanti dilaporkan ke kantor untuk diselidiki lebih lanjut,” terangnya.

Untuk diketahui, pemeriksaan Baca Meter dimulai mulai tanggal 1 dan terus berlanjut hingga tanggal 21 Maret 2017 di wilayah 1 Kota Tangerang. Pemeriksaan ini dilakukan rutin setiap bulannya.(tia)

**Baca juga: Kejari Kabupaten Tangerang Bantah Tudingan Wanita yang Dipenjara.

Berita Terbaru