oleh

Antisipasi Kanker Serviks, BPJS Gelar Pemeriksaan IVA Gratis

Pemeriksaan IVA dan pap smear gratis.(zis)

Kabar6-BPJS Kesehatan menggelar pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan pap smear gratis di Puskesmas Kecamatan Kaduhejo, Kabupaten Pandeglang, Banten, Jumat (29/7/2016).

Kegiatan ini, merupakan salah satu upaya preventif dalam menekan resiko penyakit kanker serviks.

Di Indonesia, BPJS melaksanakan pemeriksaan IVA dan pap smear gratis di 1.558 titik pelayanan pemeriksaan dengan total target peserta sebanyak 27.000 untuk pemeriksaan IVA dan 10.275 untuk pemeriksaan papsmear.

“Deteksi dini kanker serviks masuk dalam skema pembiayaan program JKN-KIS. Sebagai informasi, kanker serviks tidak menimbulkan gejala dan sulit terdeteksi pada stadium awal, oleh karena itu sebaiknya lakukan screening kesehatan melalui layanan kesehatan deteksi dini yang disediakan BPJS Kesehatan,” kata Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fachmi Idris.

Jumlah kasus kanker serviks sepanjang 2016 di tingkat pelayanan rawat jalan tingkat lanjutan sendiri, mencapai 45.006 kasus dengan total biaya sekitar Rp33,4 miliar, sementara di tingkat rawat inap ada 9.381 kasus dengan total biaya sekitar Rp51,3 miliar.

Kanker serviks, umumnya baru terdeteksi ketika sudah stadium lanjut, dimana proses pengobatan yang harus di lalu kan menjadi lebih sulit dan biaya pengobatannya pun menjadi lebih mahal.

Namun dibandingkan dengan jenis kanker lainnya, kanker serviks sebetulnya paling mudah dicegah dan dideteksi dengan melakukan deteksi dini dan pemberian vaksinasi. **Baca juga: 10 KK Warga Kabupaten Tangerang Transmigran ke Morowali.

Untuk mengantisipasi terjadinya kanker serviks, peserta JKN-KIS dapat memeriksakan diri terhadap resiko penyakit kanker leher rahim ini di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) atau sarana penunjang lain yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. **Baca juga: Kemenag dan MUI Kabupaten Tangerang Imbau Warga Geser Arah Kiblat.

Sampai dengan tahun 2016 (Juni 2016) deteksi dini yang dilakukan BPJS Kesehatan dengan metode IVA telah berhasil menjangkau 21.146 peserta, sementara Papsmear berhasil menjangkau 37.256 peserta. **Baca juga: Personel Korem 052 Wijayakrama Mulai Normalisasi Sungai Cirarab.

Dalam menyelenggarakan kegiatan ini, BPJS Kesehatan bekerjasama dengan Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja yang dipimpin Ibu Iriana Joko Widodo, Kementerian Kesehatan dan BKKBN.(zis)

Berita Terbaru