Antisipasi Bencana, RSU Tangsel Gelar Simulasi Kebakaran

Simulasi Kebakaran di RSU Tangsel.(az)

Kabar6-Antisipasi bencana dan keadaan darurat, Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bersama Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tangsel menggelar simulasi kebakaran dan bencana di Gedung RSU Kota Tangsel, Sabtu (30/6/2018).

Kasi Penunjang Medis pada RSU Kota Tangsel Lydia Ita Kumala mengatakan simulasi ini diadakan agar pegawai yang ada di RSU Kota Tangsel handal dalam menangani situaasi darurat seperti kebakaran dan bencana. Simulasi ini menurutnya dapat memberikan pengetahuan dan kesiapsiagaan anggota Tim Tanggap Darurat untuk menyelamatkan pasien.

“Simulasi ini melibatkan seluruh pegawai RSU Kota Tangsel. pegawai harus siap siaga menghadapi bencana seperti kebakaran,” ungkap Lydia menjelaskan.

Pihak RSU Kota Tangsel, kata Lydia sudah memiliki alat pemadam kebakaran untuk penanganan awal terjadinya kebakaran. Alat tersebut yakni Co2 atau Apar di setiap 15 meter di Gedung RSU Kota Tangsel.

“Pegawai RSU Tangsel harus handal dalam penanganan. Kami memberikan pengetahuan cara penanganan saat terjadi kebakaran di gedung bertingkat. RSU juga ada banyak terdapat bahan kimia dan alat yang menggunakan listrik yang bisa memicu kebakaran,” katanya.

Simulasi Kebakaran di RSU Tangsel.(az)

Komandan Regu Pleton A Dinas Pemadam Kebakaran dan penyelamatan Kota Tangsel Davis mengatakan simulasi ini penting bagi petugas RSU. Agar dapat menangani pasien saat terjadi kebakaran.

“Minimal, petugas RSU Tangsel bisa melakukan penanganan awal terjadi kebakaran,” katanya.**Baca Juga: Pelempar Batu di Tol Tangerang-Merak Dijerat Pasal Perusakan.

Dalam simulasi kebakaran yang digelar, skenario kebakaran dimulai dari lantai 3 RSU Kota Tangsel. Petugas membawa sejumlah pasien rawat inap yang menggunakan kursi roda dan ranjang keluar gedung untuk dievakuasi saat kebakaran terjadi.(ADV)