oleh

Antisipasi Banjir 2021, DPU Tangsel Alokasikan Rp 6 Miliar

Kabar6-Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) telah antisipasi banjir dan genangan air saat curah hujan meningkat. Mulai dari program normalisasi hingga penempatan 27 unit mesin pompa listrik dan 18 diesel penyedot air di daerah aliran sungai.

“Untuk operasi dan pemeliharaan perbaikan tanggul dan tebing sungai seluruh Tangsel selama tahun 2021 sekitar Rp 6 miliar,” ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangsel, Aries Kurniawan kepada kabar6.com, Senin (8/11/2021).

Alokasi dana operasional kegiatan pencegahan banjir meliputi, pemeliharaan turap/tanggul sungai, pengerukan sungai, operasikan listrik pompa, pengerukan sungai dan tandon hingga pembersihan sungai.

Aries jelaskan tugas pokok dan fungsi operator mesin pompa penyedot air yang tergabung dalam ‘Tim Siap Tanggap Banjir’. Khususnya di lokasi tandon-tandon air yang tersebar di wilayah Kota Tangsel.

**Baca juga: Antisipasi Banjir di Tangsel Siaga 27 Pompa Listrik dan 17 Diesel

“Dewatering (pengosongan air) pada kolam tampung atau tandon,” jelasnya. Aries bilang, kegiatan normalisasi secara masif berdampak titik sebaran banjir melanda pemukiman warga kini semakin berkurang.

DPU Tangsel, lanjutnya, juga gencar sosialisasi mendorong peran aktif masyarakat sekitar dalam upaya pencegahan banjir. “Ajakan bersih-bersih saluran di depan rumah masing-masing,” tambah Aries.(yud)

Berita Terbaru