oleh

Antara Gula Putih & Gula Merah

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Selama ini ada dua jenis gula yang kita ketahui yaitu gula putih dan gula merah. Dalam masyarakat, berkembang anggapan yang mengatakan bahwa gula merah lebih sehat ketimbang putih. Benarkah demikian?

Gula merah merupakan jenis gula yang biasa dibuat dari nira, yaitu cairan yang dikeluarkan dari bunga pohon keluarga palma, seperti kelapa dan aren. Sedangkan, gula putih berasal dari air tebu yang dikristalkan.

Kedua jenis gula tersebut, dikutip dari Fitness For Men, memiliki kandungan sukrosa (disakarida) yang merupakan karbohidrat sederhana. Kandungan kalori dari gula merah dan gula putih hampir sama. Satu sendok teh (4 gram) gula merah mengandung 11 kcal, sedangkan satu gula putih mengandung 16 kcal.

Anggapan bahwa gula merah lebih sehat dibandingkan gula putih adalah salah, tapi juga tak sepenuhnya benar. Kenyataannya adalah bahwa kedua gula ini tidak memiliki perbedaan yang besar secara kandungan dan nilai gizinya.

Jika Anda bingung untuk memilih jenis gula manakah yang baik bagi kesehatan Anda, jawabannya tergantung pada kebutuhan. Meskipun sedikit, gula merah lebih kaya nutrisi dibandingkan gula putih.

Hal yang harus dipahami adalah kebutuhan kalori harian tubuh dari karbohidrat adalah 40 60 persen kebutuhan kalori total harian. Tetapi, yang diutamakan adalah karbohidrat kompleks dan bukan dari jenis karbohidrat sederhana.

Gula merah maupun gula putih merupakan salah satu jenis sumber karbohidrat sederhana. ** Baca juga: Lihat Kondisi Kesehatan dari Kulit Tubuh

Mengonsumsi karbohidrat sederhana secara berlebihan dapat memacu berbagai gangguan kesehatan seperti obesitas, diabetes mellitus, penuaan dini, dan lain-lain.

Jadi, hindari berlebihan mengonsumsi kedua jenis gula ini agar tidak mengganggu kesehatan Anda.(ilj/bbs)

Berita Terbaru