oleh

Anggota Paskibraka Asal Tangsel Absen di Istana Negara

Kabar6-Anggota kelompok Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) asal Kota Tangerang Selatan (Tangsel) telah menjadi langganan di tingkat nasional.

Tercatat sudah ada tiga pelajar terbaik asal daerah termuda di Provinsi Banten ini pernah ikut dalam prosesi upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI di Istana Negara, Jakarta.

Ketiga nama tersebut, papar Abrar, antara lain pada tahun 2009 silam pelajar atas nama Ryandika asal SMA Negeri 2 di Kecamatan Setu.

Kedua, Kevin pelajar SMA Global Jaya di Kecamatan Pondok Aren pada tahun 2010 lalu. Serta pada tahun 2011 kemarin, seorang pelajar bernama Jonathan Pascal dari SMA Santa Laurentia di Kecamatan Serpong.

“Untuk tahun ini, wakil asal Tangsel absen ke Istana Negara,” ungkap Abrar Fari, Pengurus Paskibraka Kota Tangsel kepada kabar6.com di lapangan upacara Cilenggang, Kecamatan Serpong, Selasa (13/8/2013).

Menurut Abrar, dari kegiatan seleksi yang diikuti 100 pelajar, pihaknya mengirimkan tujuh peserta sebagai  calon Paskibraka Provinsi Banten.

Duta pelajar berprestasi tersebut telah mampu memberikan sumbangsih dan mengharumkan nama Kota Tangsel ini nantinya akan bersaing dengan wakil dari 33 provinsi lainnya di kancah Purna Paskibraka tingkat nasional.

“Mudah-mudahan tahun depan dari tujuh calon Paskibraka ini ada yang kembali bisa ikut mewakili Tangsel di Istana Negara Jakarta,” ujarnya.

Ditempat sama, mantan anggota Paskibraka Tahun 2001 Provinsi Banten asal Kabupaten Tangerang, Deden Umaidi, mengakui ada banyak manfaat dan pengalaman diperoleh setelah bisa bergabung di kelompok itu.

Setiap pelajar dididik serta ditanamkan untuk memiliki rasa disiplin yang begitu tinggi, jiwa kokoh, bermental kompetisi dan nasionalisme

Semua itu diakuinya hasil dari proses penempaan selama mengikuti kegiatan pembinaan dan pelatihan Paskibraka.

Serta tak kalah membanggakan, menurut Deden, kini sudah banyak alumni atau senior Paskibraka mengabdi di lembaga dan instansi pemerintahan sebagai Pamong Praja.

“Di kelompok Paskibraka itu setiap person karakter dan mindseat (cara pandang) ditempa menjadi pribadi yang bermental baja, berprilaku sesuai wawasan nusantara dan kebangsaan,” terang pria lajang yang kini menjabat sebagai Ajudan Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany,(yud)

Berita Terbaru