oleh

Anehnya Enam Fobia Makanan yang Ada di Dunia ini

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Fobia (gangguan anxietas fobik) adalah rasa ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal atau fenomena. Fobia bisa dikatakan dapat menghambat kehidupan orang yang mengidapnya. Bagi sebagian orang, perasaan takut seorang pengidap fobia sulit dimengerti.

Tidak hanya takut pada ketinggian atau ruang sempit, ternyata terdapat enam jenis fobia terhadap makanan yang mungkin belum pernah Anda ketahui. Apa sajakah itu? Dikutip Aneh Tapi Nyata, berikut fobia yang dimaksud:

1. Cibophobia
Merupakan fobia terhadap semua makanan. Tapi terkadang, orang yang menderita cibophobia hanya takut terhadap jenis makanan tertentu, misalnya hanya takut pada makanan yang cepat busuk, makanan olahan susu, makanan yang berbau menyengat, dan lain sebagainya.

2. Phagophobia
Fobia takut menelan makanan. Penderitanya hanya bisa mengunyah makanan sampai di mulut saja. Ketika akan menelan, mereka akan merasakan panik luar biasa. Mereka merasa ada benjolan di tenggorokan yang akan membuat tercekik.

3. Xocolatophobia
Penderita ini sangat takut mencium bau makanan yang berasal dari tanaman kokoa alias fobia terhadap cokelat. Jika tercium, mereka akan merasa seakan kehilangan keseimbangan.

4. Frigophobia
Merupakan ketakutan akan makanan atau minuman yang dingin, seperi es krim atau makanan lain yang ditaruh dalam kulkas. Tidak hanya takut makan, mereka juga mengalami panik yang luar biasa ketika melihat orang mengonsumsi makanan atau minuman dingin.

5. Thermophobia
Merupakan ketakutan akan makanan dan minuman panas, yang membuat penderitanya akan merasa mual dan gemetar. Agar bisa bertahan, mereka menggantinya dengan mengganti makanan yang dingin.

6. Geumaphobia
Bagi pengidap geumaphobia, merasakan sensasi rasa baru bukanlah sebuah tantangan atau hal yang menyenangkan. Mereka justru merasa ketakutan yang luar biasa ketika mencoba rasa baru makanan. Mulai dari rasa panik yang berlebihan sampai detak jantung yang berdebar tidak karuan.

7. Methyphobia
Penderitanya memiliki ketakutan yang berlebih terhadap alkohol. Mereka akan merasakan tegang otot, pusing, dan jantung berdetak tak menentu. ** Baca juga: Ajaib, Ikan Ini Sempat Hidup 6 Bulan Meskipun Tubuhnya Tinggal Setengah

Pastikan Anda tidak menderita salah satu dari ketujuh fobia di atas ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru