oleh

Aneh, Seorang Wanita Asal Inggris Hamil Selama 9 Tahun

Kabar6-Kondisi yang dialami Beryl Romaine terbilang aneh. Wanita asal Inggris ini mengalami kondisi di mana perutnya membesar seperti sedang hamil. Tidak seperti wanita hamil pada umumnya yang hanya mengalami pembesaran perut selama sekira sembilan bulan, Romaine justru mengalami pembengkakan pada perutnya semenjak sembilan tahun terakhir.

Apa yang sebenarnya sedang terjadi? Melansir livesmartly, Romaine ternyata mengalami kondisi yang disebut sebagai fibroid, sebuah tumor jinak yang ada di rahim. Penyakit inilah yang membuat perutnya terus membengkak dan terlihat seperti orang hamil. Pakar kesehatan Ishak Mayonda dari St George Hospital NHS, Trust, London, menyebutkan, fibroid bisa menyerang satu dari tiga orang wanita di seluruh dunia. Wanita dengan rentang usia 30 hingga 50 tahun memiliki risiko terbesar mengalami fibroid.

Pakar kesehatan sendiri menyebutkan, belum ada kepastian apa pemicu dari munculnya tumor jinak ini. Namun ada kemungkinan faktor genetik, di mana jika seorang wanita memiliki ibu yang juga memiliki fibroid, akan mengalami penyakit yang sama. Selain itu, tingginya kadar estrogen dan progesterone juga diyakini ikut memicu masalah ini. ** Baca juga: Pria Ini Kehilangan Kemampuan untuk Buang Air Kecil Akibat Digigit Serangga

Hal yang menarik, fibroid tidak menimbulkan gejala apapun dan bahkan bisa menghilang dengan sendirinya bahkan tanpa pengobatan. Namun, jika penyakit ini dibiarkan begitu saja, maka wanita bisa mengalami nyeri panggul dan haid yang bisa berlangsung dalam waktu yang sangat lama.(ilj/bbs)

Berita Terbaru