oleh

Aneh, Diperkotaan Akses Jalan Masih Gelap Gulita

Kabar6-Jumlah Penerangan Jalan Umum (PJU) di jalan Raya Astek, Lengkong Gudang Timur, Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel) masih minim. Hal tersebut tentunya membuat akses jalan gelap gulita meski berada ditengah perkotaan.

”Wah saya ga tau. Coba tanya ke Kasie saya,” Ujar Kepala Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman Kota Tangerang Selatan, Chaerul Saleh, Rabu (30/1).

Chaerul menjelaskan, memang pihaknya ingin setiap jalan dibangun PJU. Tapi itu pun harus disesuaikan anggarannya. Ia mengaku untuk tahun ini belum mengetahui apakah anggaran untuk dialokasikan ke ruas jalan tersebut tersedia atau tidak. Di jalan utama saja banyak yang belum terpasang PJU. Sementara Chairul berkilah, Jalan tersebut masuk dalam wilayah BSD, Serpong, biasanya pihak BSD akan memberikan penerangan.

”Yang penting masukan ini akan kita perhatikan ke depan agar dianggarkan,” ujar Chaerul.

Berbeda dengan Chaerul, Kepala Seksi Pendataan dan Pemasangan PJU, Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman Kota Tangerang Selatan, Wismansyah Musa, mengatakan, pada 2013 ini ada anggaran buat pemasangan PJU. Sebenarnya pihaknya tinggal menunggu instruksi saja. Dirinya juga sudah menyiapkan titik-titik yang akan dibangun PJU.

”Di jalan Raya Astek normalnya harus ada 100 PJU, karena jalan tersebut hampir tiga kilometer panjangnya yang menuju Pasar Jombang, Kecamatan Ciputat,” ujar Wismansyah.

Wisman menjelaskan, tahun ini baru akan dibuat 60 titik PJU. Masing-masing di 30 titik dari arah Polsek Serpong dan 30 titik dari arah Pasar Jombang, Kecamatan Ciputat yang titik pertemuan nanti di perbatasan Kali Angke. Pihaknya berharap ada tambahan di anggaran perubahan nanti.

Hasyim (30 tahun), warga Kelurahan Lengkong Gudang Timur, Kecamatan Serpong, sangat berharap Pemkot Tangsel bisa memasang PJU untuk keamanan dan kenyamanan warga dalam berkendara. Motornya kerap kali menghantam polisi tidur karena jalan yang gelap.

”Kita hanya mengandalkan penerangan dari lampu motor dan lampu rumah warga,” ujarnya.

Hasyim melanjutkan, jalan Raya Astek juga rawan pencurian motor, karena keadaan yang gelap mendukung aksi maling motor. Sekarang warga sudah mulai memasang sendiri lampu-lampu buatan dengan tiang bambu sekadar untuk menerangi jalan. Sebab sudah lama belum ada perhatian untuk memasang PJU di daerah sini.

”Mau tidak mau warga juga yang buat,” ujar Hasyim.

Sementara, Kapolsek Serpong Leganek Mawardhi membenarkan bahwa tingkat kriminalitas di daerah Serpong termasuk tinggi, jadi warga diharapkan untuk lebih berhati-hati dalam menjaga diri dan barangnya. ”Kalau di wilayah saya paling tinggi pencurian motor dan penipuan,” ujarnya.

Dari pantauan dilapangan, jalan masuk ke Raya Astek, Kelurahan Lengkong Gudang Timur, Kecamatan Serpong melalui samping Polsek Serpong sangat gelap. Sepanjang jalan juga banyak polisi tidur yang dibuat warga yang tidak didukung dengan penerangan yang memadai.

Parahnya, ketika memasuki perbatasan Kali Angke keadaan sangat gelap, padahal jalan tersebut menurun, menyempit dan langsung menanjak. Tidak adanya PJU sampai keluar arah ke Pasar Jombang.(yud)

Berita Terbaru