Home / Aneka Berita / Busyet Dah / Aneh, Air Sungai Xiangbi di Tiongkok Menjadi Merah
kabar6.com
Air berwarna merah yang mengalir di sungai Xiangbi, Tiongkok

Aneh, Air Sungai Xiangbi di Tiongkok Menjadi Merah

Kabar6-Ada hal aneh yang terjadi di sungai Xiangbi, Sichuan, Tiongkok. Air sungai tersebut bukan jernih atau keruh, tapi berwarna merah.

Warga di sekitar sungai itu pun, melansir Dailymail, meminta pihak berwenang untuk menyelidiki keanehan warna air sungai tadi. Terlebih, sungai Xiangbi juga mengalir ke Yangtze yang lebih luas.

“Jika aliran air berwarna merah itu sampai ke sungai Yangtze, konsekuensi tidak bisa dibayangkan,” kata salah satu warga.

Usut punya usut, ternyata penyebabnya adalah karena para pekerja di pabrik Heshun Packaging Company tanpa sengaja menumpahkan cat ke sungai. Mereka mengatakan, sungai Xiangbi sudah dibersihkan dan tidak lagi tercemar.

Investigasi kepada perusahaan pengemasan tersebut masih terus berlanjut. Kemungkinan, pihak perusahaan harus membayar denda atas kelalaian mereka pada sungai Xiangbi.

Cat itu sendiri berbasis air dan tidak beracun sama sekali. “Air limbah pabrik telah berdampak besar pada pencemaran sungai,” kata juru kampanye racun Greenpeace Asia Timur, Deng Tingting.

Ditambahkan, “Ketika tidak dirawat dengan baik, itu dapat menghancurkan ekosistem sungai yang rapuh, mencemari sumber air minum dan dapat membuat air terlalu tercemar untuk digunakan pertanian dan industri.”

Diketahui, sungai-sungai di Tiongkok memang sering mengalami fenomena aneh. Sebelum terjadi di Yangtze, sungai Jian yang mengaliri kota Luoyang juga berubah warna menjadi merah. CNN melaporkan, itu disebabkan oleh pewarna merah yang digunakan pada kantung plastik dan bungkus kembang api. ** Baca juga: Museum of Death di New Orleans, Pamerkan Barang-barang yang berhubungan dengan Kejahatan

Walah…(ilj/bbs)

Check Also

Acara Memasak di Televisi Bantu Sembuhkan Pria Ini dari Anoreksia

Kabar6-Nyawa Daniel Rough (25) berhasil diselamatkan setelah melihat acara kompetisi memasak di televisi. Bagaimana hal ...