oleh

Anda Cenderung Membeli Makanan Tak Sehat Saat Membawa Tas Belanja Sendiri

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Studi yang dilakukan profesor marketing di Harvard Business School, Uma Karmarkar, bersama rekannya Bryan Bollinger dari Duke’s Fuqua School of Business, menunjukkan bahwa orang yang membawa kantong belanja sendiri cenderung membeli barang organik, tetapi juga lebih mungkin membeli produk tinggi lemak dan tinggi kalori.

“Dalam studi ini kamu menemukan mereka yang membawa tas belanja sendiri lebih mungkin mengganti produk nonorganik ke versi organik, misalnya sayuran atau susu. Tapi, dari pengamatan kami, mereka juga cenderung membeli makanan seperti es krim, keripik, permen, dan kue. Mereka tidak menggantinya, tapi hanya menambahkan makanan itu saja,” tutur Karmarkar, dikutip dari Detik.

Karmarkar mengatakan hal ini bisa terjadi karena secara harfiah, dalam psikologi konsumen dikenal istilah lisensi. Dilansir dari situs Harvard Business Revie, hbr.org, ketika seseorang berperilaku baik di situasi lain, maka ia akan membiarkan dirinya melakukan hal lain di situasi lainnya yang tidak terkait.

Contohnya, ketika Anda memilih diet coke ketimbang kola, maka Anda bisa membeli hamburger sebagai reward bagi Anda. Nah, dalam studi ini, membawa tas belanja sendiri dari rumah bisa membuat seseorang berpikir dirinya sudah melakukan hal yang baik bagi lingkungan, sehingga mendapat reward misalnya es krim wajar-wajar saja dilakukan.

“Memang kami menemukan bahwa tidak semua orang melakukan hal itu. Apalagi, sistem reward seperti ini kerap tidak disadari seseorang. Artinya, hal itu dilakukan secara otomatis,” kata Karmarkar.

Studi yang dipublikasi di jurnal American Medical Association, dikutip dari Science Daily, mengungkapkan ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar seseorang tak kalap membeli makanan yang cenderung tak menyehatkan ketika berbelanja.

Pertama, pastikan perut sudah terisi karena perut lapar saat berbelanja akan membuat Anda kalap saat berbelanja. Kemudian, siapkan daftar belanjaan yang akan dibeli.

Atau jika sempat, bawa buah dan makanlah buah tersebut sebelum pergi berbelanja. Sebuah studi mengungkapkan, ngemil buah seperti apel sebelum pergi belanja bisa membuat seseorang membeli 25 persen lebih banyak buah dan sayur. ** Baca juga: Perbaiki Mood Dengan Konsumsi Buah & Sayuran

“Lalu konsumsi camilan sehat. Tidak hanya akan membantu mengurangi rasa lapar, makan camilan sehat seperti buah juga mendorong seseorang untuk memilih makanan yang lebih sehat saat belanja,” papar Dr Aner Tal dari Cornell University.

Setuju?(ilj/bbs)

Berita Terbaru