Anda Butuh Istirahat Mental Jika Alami Hal Ini

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Hidup di kota-kota besar tentu rentan terhadap berbagai tekanan, baik yang berasal dari pekerjaan maupun masalah kehidupan. Karena itulah masyarakat di daerah perkotaan banyak yang mengalami stres bahkan depresi.

Bagaimana mengatasinya? Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mengutagi tekanan tersebut adalah dengan ‘istirahat mental’. Dikutip dari beberapa sumber, berikut adalah tanda yang menunjukkan Anda membutuhkan istirahat mental:

1. Sering sakit
Anda memang tidak bisa mengendalikan sistem imun, dan stres memang berdampak pada tubuh. Solusinya, istirahatkan mental Anda dengan tidur dan nutrisi yang cukup.

2. Terlalu stres akan masa lalu
Sesuatu disesali atau sebuah kegagalan, akan menghalangi Anda untuk memikirkan apa yang ada di hadapan saat ini. Dengan beristirahat, Anda memberikan isi kepala kesempatan untuk rileks dan waktu agar pikiran menjadi lebih jernih.

3. Telantarkan diri Anda
Ketika jadwal membuat lupa makan malam untuk menyelesaikan suatu pekerjaan, ada baiknya Anda mundur sejenak untuk beristirahat. Tanggung jawab memang penting, tapi kesehatan adalah suatu keharusan. Istirahat mental membiarkan diri Anda bernapas sejenak dan bisa digunakan untuk menyusun jadwal dan waktu yang lebih sehat.

4. Merasa, sangat lelah tapi tidak bisa tidur
Dengan segala pikiran yang berlarian di dalam kepala dan juga rasa cemas yang datang secara bersamaan, tentu akan membuat Anda menjadi tidak tenang. Istirahat mental akan memberikan Anda napas segar yang dibutuhkan dan tidur nyenyak.

5. Selalu merasa sedih
Menyadari apa yang Anda rasakan dan merasakan emosi yang dirasakan itu sangatlah penting. Tapi jika Anda merasa sedih terus menerus dan sangat tidak termotivasi, saatnya Anda menerima fakta bahwa Anda sungguh-sungguh butuh istirahat dari segala hal. ** Baca juga: 4 Hal Menguntungkan Olahraga Malam Hari

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)