oleh

Ananta Wahana Ajak Wartawan Terus Jadi Perekat Persatuan Bangsa

Kabar6-Anggota MPR RI Dapil III Tangerang Raya, Ananta Wahana mengajak wartawan di Tangerang terus menjadi perekat persatuan bangsa. Pasalnya, peranan wartawan begitu penting dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.

“Wartawan memiliki fungsi yang sangat strategis sebagai penyampai informasi. Tugas tersebut sangat mulia, karena dengan karya jurnalistik wartawan, masyarakat menjadi melek informasi,” ujar Ananta, dalam sosialisasi 4 Pilar MPR RI bersama wartawan di Sekretariat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang, Cikokol, Kota Tangerang, Senin (15/8/2022).

Pers Indonesia yang juga lahir dari rahim perjuangan pada masa revolusi kemerdekaan, lanjutnya, memiliki andil yang sangat besar dalam menggugah kesadaran berbangsa dan bernegara.

Hal itu, ditandai dengan lahirnya berbagai penerbitan pers di zaman kolonial Belanda yang bernafaskan kebangsaan, seperti Medan Priyayi, Bataviase Nouvelles, Selompet Melajie, Tjahaja Sijang, Pemberita Betawi, dan sebagainya.

Pers yang berhaluan semangat nasionalisme itu memiliki andil yang sangat penting dalam merintis semangat kebangsaan Indonesia.

“Sehingga pers harus terus menjadi perekat persatuan dan semangat kebangsaan kita, sebagaimana sejarah kelahirannya di masa lampau,” katanya.

Anggota DPR RI Komisi VI ini mengatakan, pemersatu bangsa yang harus terus dirawat yakni Pancasila. Karena itu, pada kesempatan sosialisasi tersebut, Ananta merasa sangat berbahagia karena dapat menyampaikan sekaligus menyegarkan ingatan para insan pers seputar sejarah kelahirkan Pancasila yang digagas dan digali oleh Ir. Soekarno.

“Pancasila sebagai ideologi berbangsa, bernegara dan bermasyarakat harus terus ditanamkan kepada semua rakyat Indonesia melalui karya-karya jurnalistik rekan-rekan wartawan, karena Pancasila adalah warisan yang paling berharga yang harus kita rawat bersama,” katanya.

**Baca juga: Aktivis Tagih Hasil Investigasi soal Pemberian Obat Kadaluarsa

Selain menyampaikan materi 4 Pilar MPR RI, forum tersebut juga bagi Ananta adalah ajang bernostalgia. Ia menceritakan kedekatannya dengan berbagai sosok wartawan sejak aktif berkiprah sebagai aktivitas hingga saat ini menjadi wakil rakyat.

“Saya sangat berterimakasih kepada teman-teman wartawan yang telah bersama-sama berjuang membangun bangsa dan negara ini. Teruskan perjuangan kita ini sampai akhir nafas nanti,” tegasnya. (Oke)