oleh

Amankah Pakai Hand Sanitizer Buatan Sendiri?

Kabar6-Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan agar Anda menggunakan hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol untuk mencuci tangan, saat bepergian keluar rumah.

Di satu sisi, kelangkaan barang yang satu ini di pasaran membuat banyak orang membuat hand sanitizer sendiri dengan tutorial dari internet. Namun, apakah membuat hand sanitizer sendiri tergolong aman?

Pada dasarnya, melansir Medcom, CDC menekankan untuk lebih baik mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dibandingkan menggunakan hand sanitizer karena dapat membunuh kuman, termasuk COVID-19. Menurut CDC, hand sanitizer tidak akan bekerja secara efektif jika tangan Anda berminyak atau kotor.

“Mencuci tangan dengan air selama 20 detik lebih efektif dalam membuang partikel-partikel kuman,” ungkap Victoria Maizes, MD, profesor kedokteran klinis, kedokteran keluarga, dan kesehatan masyarakat di University of Arizona.

Sementara juru bicara American Cleaning Institute bernama Brian Sansoni, menyarankan agar Anda tidak membuat pembersih tangan sendiri di rumah. “Membuat hand sanitizer sendiri di rumah tidak akan menjamin bahwa Anda akan mendapatkan campuran formulasi produk dengan tepat.”

Ditambahkan, “Dan salah satu risiko terbesar jika Anda membuat hand sanitizer sendiri adalah jika ada anak kecil di rumah.” ** Baca juga: Konsumsi Garam Berlebihan Justru Turunkan Kekebalan Tubuh

Menurut Sansoni, dengan menggunakan hand sanitizer yang dibuat di rumah maka ada banyak ketidakpastian dari hand sanitizer yang sudah dibuat tersebut. Selain itu, Poison Control mencatat bahwa menghirup alkohol bahkan dapat menjadi racun bagi anak-anak.

Membuat hand sanitizer sendiri di rumah juga bisa membahayakan kulit. “Hand sanitizer yang dibuat sendiri di rumah ironisnya dapat membuat Anda lebih mudah terkena infeksi. Hal ini karena akan ada terlalu banyak alkohol yang mengering pada kulit Anda,” jelas Suzanne Willard, PhD, dekan asosiasi kesehatan global dan profesor klinis di Rutgers University School of Nursing, New Jersey.

Apabila hand sanitizer yang Anda buat terlalu kuat, maka bisa menyebabkan kulit menjadi kering atau kemerahan, sehingga meningkatkan risiko masuknya kuman melalui kulit dan menyebabkan infeksi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru