oleh

Amankah Konsumsi Telur Setiap Hari?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Selain praktis dan lezat, telur banyak dipilih sebagai salah satu menu sarapan karena cukup mudah bila dibuat berbagai variasi makanan. Namun, amankah jika Anda mengonsumsi telur setiap hari?

Telur termasuk makanan dengan nutrisi lengkap. Untuk telur dengan ukuran besar mengandung 70 kalori. Mengonsumsi kuning telur, berkaitan dengan penurunan risiko penyakit jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker.

Disebutkan, belum ada bukti-bukti ilmiah perihal apakah aman atau tidak mengonsumsi telur setiap hari. Sebuah studi pada 2016 di American Journal of Clinical Nutrition, dikutip Detik, mengungkapkan bahwa mengonsumi satu butir telur setiap hari tidak berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Hal ini sekaligus mematahkan mitos yang menyebut, makan telur langsung meningkatkan kadar kolesterol tubuh.

Penelitian European Journal of Nutrition pada 2013 yang melibatkan 30 pria sehat sebagai partisipan, membuktikan bahwa konsumsi telur memberi rasa kenyang lebih lama, juga bantu seseorang makan lebih sedikit.

Dalam penelitin itu partisipan diminta mengonsumsi tiga menu sarapan yaitu telur dengan roti panggang, cornflakes dengan susu, dan roti panggang atau croissant dengan orange juice. Menu tersebut dikonsumsi bergantian dalam minggu berbeda.

Hasilnya, para partisipan yang sarapan telur merasa lebih kenyang dan keinginan makannya lebih sedikit dibanding saat melahap menu sarapan lain. Ketika makan siang dan makan malam pun mereka makan lebih sedikit.

Namun hal yang perlu diingat, telur mengandung lemak jenuh yang jika dikonsumsi berlebihan terbukti meningkatkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh. Risiko penyakit jantung pun meningkat.

Dijeaskan, satu butir telur ukuran besar mengandung 180 mg kolesterol. Sementara tiap orang dianjurkan mengonsumsi makanan mengandung kolesterol tidak lebih dari 300 mg per hari. ** Baca juga: Kendalikan Amarah Jika Ingin Cepat Sembuh Saat Sakit

American Heart Association and National Cholesterol Education Program (NCEP) menyarankan konsumsi kolesterol sebesar 200 mg American Heart Association and National Cholesterol Education Program (NCEP), untuk mereka yang mengidap penyakit jantung, diabetes tipe 2, atau kolesterol tinggi.

Disarankan American Heart Association agar mengonsumsi telur maksimal satu butir per hari atau tujuh butir per minggu.(ilj/bbs)

Berita Terbaru