oleh

Alkohol Buruk Untuk Kesuburan Pria

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Saat ini mengonsumsi minuman beralkohol bagi sebagian orang sudah menjadi gaya hidup bahkan kebiasaan yang rutin dilakukan. Padahal diketahui, alkohol merupakan salah satu minuman yang paling buruk bagi kesehatan tubuh.

Tidak hanya itu, alkohol pun dapat membuat kesuburan seorang pria menurun. Mengapa hal itu bisa terjadi? Dilansir dari Dokter Sehat, pakar kesehatan menyebutkan secara signifikan alkohol mampu menurunkan fungsi seksual pria.

Mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan akan berimbas pada menurunnya kadar hormon testosteron secara drastis, sehingga bisa merusak produksi sperma. Nah, jika kualitas dan kuantitas sperma menurun, kemungkinan pria tersebut untuk bisa mendapatkan keturunan pun ikut menurun.

Diakui, banyak pria yang merasa lebih rileks setelah mengkonsumsi minuman beralkohol. Hal ini disebabkan oleh kemampuan minuman ini dalam merangsang otak untuk melepas beta-opioid endorphins, senyawa kimia yang bisa membuat pikiran lebih tenang.

Namun, senyawa kimia ini mampu mempengaruhi sintesis testosteron yang tentu akan berpengaruh besar pada kesuburan pria. Minuman ini juga mampu memicu kerusakan pada sel dan berbagai jaringan reproduksi pria.

Selain masalah kesuburan, konsumsi alkohol juga bisa memicu diabetes, penyakit yang dapat menurunkan kualitas hidup, memiliki risiko kematian yang cukup besar, sekaligus mampu memicu gangguan seksualitas pada pria. ** Baca juga: Kebiasaan Buruk yang Bisa Ganggu Kesehatan Telinga

So guys, jangan tunda untuk memulai hidup sehat ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru