oleh

Alat Berat Tak Beroperasi, Sampah Tutupi Jalan TPA Dengung Lebak

Kabar6-Tumpukan sampah menutupi jalan di Tempat Pemprosesan Akhir Sampah (TPA) Dengung, di Desa Sindangmulya, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak.

Sampah yang seharusnya dibuang di lokasi pembuangan justru dibiarkan berserakan menutupi jalan di TPA tersebut. Akibatnya, truk pengangkut sampah yang tak bisa melewati jalan terpaksa menurunkan sampah di jalan.

Salah seorang operator alat berat bulldozer, Udin Saprudin menuturka , kondisi tersebut lantaran tidak beroperasinya dua alat berat yang tersedia di TPA Dengung.

“Sampah ini sampai ke jalan karena alat beratnya rusak dan keterlambatan BBM. Kami kan operator, kalau ada BBM kerja kalau enggak ada ya diam aja,” kata Udin kepada wartawan, Rabu (14/4/2021).

Udin mengaku, keterlambatan BBM untuk alat berat sudah sejak 4 hari yang lalu. Namun, ia tidak mengetahui penyebab sehingga terjadi keterlambatan BBM.

“Enggak tahu ya kenapa, makanya sampah sampai ke depan kantor, saya juga pusing sebagai operator. Ditambah alat beratnya rusak, jadi enggak bisa kerja kami,” tutur Udin.

Saat dihubungi Kabar6.com, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lebak Nana Sunjana membenarkan, adanya kerusakan pada alat berat di TPA tersebut.

“Betul alat dozer kita rusak 3 hari kemarin, sekarang sudah jalan lagi,” katanya.

**Baca juga: Pemkab Lebak Usul Bangun Dua Fly Over, Cegah Kemacetan di Jalan Arteri

Terkait dengan keterlambatan BBM alat berat, Nana mengaku bahwa hal tersebut karena persoalan sistem.

“Sistemnya baru lagi,” singkat Nana.(Nda)

Berita Terbaru