oleh

Alasan Yoghurt Disebut Sebagai Makanan Super Sehat

Kabar6-Yogurt adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk sari kacang kedelai. Produksi modern saat ini didominasi susu sapi. Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan aroma unik pada yoghurt, dan tersedia dalam beraneka macam rasa antara lain rasa alami, rasa buah, rasa vanilla, atau rasa cokelat juga populer.

Selama ini diketahui, yoghurt adalah makanan sehat yang baik untuk pencernaan. Namun tak banyak yang tahu apa saja kandungan nutrisi yang ada dalam yoghurt, sehingga makanan ini bisa dikategorikan sebagai makanan sehat.

Sebenarnya seberapa sehat yoghurt? Melansir Vemale, seorang ahli gizi bernama Karen Ansel, R.D. mengatakan, satu cup yoghurt mengandung probiotik, kalsium, kalium, dan protein, sehingga termasuk makanan paling sehat yang bisa dimakan. Tidak hanya itu, yoghurt yang sudah mengalami fermentasi juga mengalami penurunan jumlah lemak sehingga lebih rendah kalori. Lantas, bagaimana dengan kandungan gula yang sering ditambahkan dalam yoghurt? ** Baca juga: Sejumlah Barang yang Sebaiknya Disingkirkan Agar Tidur Lebih Berkualitas

Meskipun sebanyak 16 gram gula per porsi di dalam yoghurt terlihat cukup tinggi, perlu diingat bahwa semua yoghurt, termasuk yang belum diberi rasa-rasa, secara alami memang memiliki sedikit gula. Dijelaskan Ansel, gula alami diseimbangkan oleh semua protein, kalsium, dan kalium yang dikemas di dalamnya juga.(ilj/bbs)

Berita Terbaru