Alasan Tubuh Terasa Gemuk Saat Datang Bulan

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Bagi wanita, datang bulan bukan hanya berkisar pada masalah nyeri pada perut, perasaan sensitif (emosi tidak stabil), atau sakit pada sekujur tubuh, tapi juga tubuh yang terasa gemuk.

Kenaikan dan penurunan berat dipengaruhi oleh berat air dalam tubuh yang meningkat atau naik. Nah, kenaikan berat badan pre-menstruasi, dikutip dari cara-hidupsehat.com, ini bervariasi. Bisa mengalami kenaikan setengah kilogram hingga lima kilogram.

Kondisi tersebut disebabkan oleh pengaruh hormon progesteron yang dihasilkan. Ketika Anda tidak hamil, hormon ini pun akan luruh bersama dengan darah menstruasi. Efeknya terjadi pada sel tubuh yang menahan air untuk dikeluarkan dari tubuh.

Seringkali efek ini menimbulkan efek lainnya, seperti perut kembung/begah. Ditambah lagi, saat seperti ini Anda justru menginginkan makanan manis dan berlemak, yang akan membuat badan gemuk. ** Baca juga: Tampak Lebih Muda Dengan Konsumsi Makanan Berikut

Karena itulah, usahakan tetap menjaga pola makan yang sehat, minum air yang cukup, lalu hindari soda dan makanan asin serta berlemak.(ilj/bbs)