oleh

Alasan Mengapa Orang Bersin Hingga Tiga Kali

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Bersin adalah keluarnya udara semi otonom yang terjadi dengan keras lewat hidung dan mulut. Merupakan reaksi penyesuaian karena ia menyingkir ingus yang mengandung partikel atau gangguan asing dan membersihkan rongga hidung.

Tak cukup sekali, kebanyakan orang bahkan mengalami bersin hingga berkali-kali. Dikutip dari Dreamers, bersin lebih dari sekali membantu kita dalam membersihkan sumber iritasi agar keluar dari saluran udara.

“Biasanya, Anda bersin karena ada partikel asing di hidung. Bersin adalah cara untuk membuatnya keluar,” kata Dr Jordan S. Josephson, spesialis sinus di Rumah Sakit Lenox Hill di Kota New York, dilansir Live Science.

Ditambahkan, orang yang bersin tiga kali berturut-turut, salah satu bersin mungkin mengendurkan sumber iritasi, bersin kedua menempatkannya ke depan hidung dan bersin ketiga mendorongnya keluar.

Ada sejumlah iritasi yang dapat memicu bersin, misalnya infeksi virus pernapasan seperti pilek, dapat mengganggu selaput lendir di hidung.

Bisa juga karena udara dingin, alergi seperti serbuk sari dan hewan peliharaan, iritasi fisik seperti asap dan polusi, serta iritasi akibat partikel lingkungan seperti debu dan jamur.

Namun tidak semua bersin terkait dengan iritasi. Beberapa orang ada yang bersin ketika mereka menatap ke matahari. Kondisi ini dikenal sebagai bersin fotik yang mempengaruhi antara 10 sampai 35 persen dari populasi. ** Baca juga: Gawat, Debat dengan Pasangan Bikin Anda Rentan Sakit Jantung

Beberapa orang bahkan ada yang bersin ketika perut mereka penuh. Kondisi ini dikenal sebagai snatiation.(ilj/bbs)

Berita Terbaru