oleh

Alasan Mendadak Sakit Kepala Usai Konsumsi Makanan & Minuman Dingin

Kabar6-Setiap mengonsumsi makanan atau minuman dingin, sebagian orang mendadak mengalami sakit kepala. Mengapa hal ini bisa terjadi? Kondisi yang disebut sebagai brain freeze atau otak beku ini dikenal dengan nama cold-stimulus headache atau sphenopalatine ganglioneuralgia dalam dunia medis.

Menurut dr. Stephanie Goldberg yang merupakan neurolog dari Tufts medical Center, melansir nationalgeographic, sakit kepala dapat terjadi dalam hitungan detik ketika terekspos oleh suhu dingin yang signifikan. Bahkan, rasa sakit juga sering muncul secara tiba-tiba. Brain freeze sendiri tidak hanya terjadi akibat mengonsumsi es krim terlalu cepat, tetapi juga terpicu oleh tindakan melompat ke kolam yang dingin secara tiba-tiba.

Ketika zat dengan suhu rendah, seperti makanan atau udara menyentuh langit-langit mulut (atau pada bagian belakang tenggorokan), pembuluh darah dan saraf di aera tersebut akan terstimulasi. Nah, peningkatan aliran darah tersebut yang kemudian menyebabkan pertambahan ukuran pembuluh darah di tengah otak dan belakang mata. Sebagai respons untuk mengurangi aliran darah, arteri tersebut kemudian menyusut sehingga menimbulkan sakit kepala.

Dikatakan Goldberg, sensasi dingin kemungkinan juga mengaktifkan saraf penting di kepala dan wajah, yang disebut sebagai saraf trigeminal. Pada saat hal tersebut terjadi, pembuluh darah di kepala akan mengencang sesaat sebelum melebar dengan cepat. Hasilnya adalah rasa sakit kepala yang tiba-tiba menyerang.

Rasa sakit kepala yang diakibatkan oleh sensasi dingin memang tidak mengancam jiwa, tetapi dapat menjadi gangguan. Terutama bagi orang-orang yang memiliki penyakit migrain. ** Baca juga: Riset: Olahraga Lari Bantu Hambat Penuaan

Karena itulah disarankan untuk mengonsumsi makanan dingin secara perlahan, dan berupaya untuk menjauhkan zat dingin dari langit-langit mulut.(ilj/bbs)

Berita Terbaru