oleh

Alasan Lebih Sulit Tidur Saat Usia Makin Bertambah

Kabar6-Masalah gangguan tidur banyak dialami masyarakat, terlebih yang tinggal di perkotaan. Hal ini salah satunya disebabkan kondisi stres yang diakibatkan berbagai permasalahan hidup.

Nah, seiring bertambahnya usia, banyak orang yang mengalami sulit tidur. Mengapa demikian? Seorang psikolog klinis berlisensi spesialis dalam mengobati gangguan tidur bernama Janet Kennedy, PhD, melansir Realsimple, mengungkapkan tiga alasan yang bisa menyebabkan Anda lebih sulit tidur di malam hari saat bertambahnya usia. Apa sajakah itu?

1. Teknologi
“Salah satu alasan terbesar orang sulit tidur adalah karena teknologi. Anda sangat terikat pada ponsel dan perangkat [teknologi] lain, yang dapat mengganggu ketika mencoba tidur setiap malam. Cara terbaik untuk menjauhkan perangkat Anda adalah dengan menyimpannya di ruangan yang berbeda sebelum tidur,” kata Janet.

2. Stres
Menurut survei mengenai tidur yang dilakukan secara global oleh Philips pada 2019, disebutkan bahwa kekhawatiran dan stres adalah faktor gaya hidup nomor satu yang berdampak pada kemampuan peserta untuk tertidur dan tidur nyenyak.

Survei lain yang dilakukan oleh Well+Good juga menemukan hal yang sama, peserta menyebut stres (mulai dari uang, pekerjaan, hingga masalah keluarga dan hubungan) sebagai penyebab utama sulit tidur.

“Dengan jadwal yang sibuk, karier, merawat keluarga, dan sebagainya, sangat luar biasa untuk memproses semuanya di siang hari. Jadi ketika kepala kita akhirnya menyentuh bantal di malam hari, kita tidak bisa tidak memikirkan semua hal-hal yang masih perlu kita lakukan,” jelas Janet.

3. Terlalu panas
Berkeringat di malam hari adalah penghambat tidur besar lainnya bagi banyak orang dewasa, terutama wanita. ** Baca juga: 7 Hal yang ‘Boleh’ dan ‘Jangan’ Dilakukan Selama Masa Social Distancing

Sebuah survei kebiasaan tidur yang baru-baru ini dilakukan oleh merek pakaian tidur, Soma, menyebutkan bahwa sebanyak 36 persen responden mengatakan, terlalu panas atau berkeringat di malam hari menjadi alasan mereka sulit tidur.

Pada orang dewasa, banyak yang bisa menjadi penyebabnya, termasuk hormon yang berfluktuasi, kadar gula darah, dan obat-obatan tertentu.(ilj/bbs)

Berita Terbaru