Alami Kondisi Langka, Micah Hanya Bisa Konsumsi Buah Peach

Micah Gabriel idap FPIES.(Globalnews)

Kaba6-Nasib Micah Gabriel (2) mungkin tidak seberuntung anak-anak seusianya. Balita asal Kanada itu didiagnosa suatu kondisi yang disebut Food Protein Induced Enterocolitis Syndrome (FPIES).

Disebutkan, FPIES adalah sebuah kondisi alergi terhadap makanan yang menyebabkan reaksi kuat mulai dari muntah-muntah, diare, ruam-ruam di kulit, dehidrasi, hingga hypovolemic shock. Karena itulah Micah tidak bisa mengonsumsi makanan sembarangan, dan hanya bisa mengonsumsi satu jenis makanan tertentu.

Menurut Caroline Masson, ibunda Micah, sebagai orang tua ia berusaha memberikan asupan makanan kepada Micah, yakni pisang yang merupakan makanan solid pertama Micah. Sayangnya tubuh Micah menolak asupan tersebut.

“Makanan solid pertama untuk Micah yang kami coba itu adalah pisang, namun empat jam kemudian Micah muntah-muntah sebanyak enam kali berturut-turut hingga akhirnya pingsan, pucat dan tubuhnya hampir biru. Sewaktu pertama kali aku melihatnya mengalami reaksi ini, aku sangat shock sampai-sampai aku sendiri bingung bagaimana untuk menolong dirinya,” kata Caroline, seperti dilansir Globalnews.

Kini Micah hanya bisa mengonsumsi peach, buah yang sedikit sulit untuk didapatkan di Montreal, Kanada, saat bukan musimnya. Buah peach aman dikonsumsi Micah dengan catatan tidak dibekukan, tidak dalam bentuk buah kalengan, dan tidak berbentuk sebagai buah kering atau dried peach karena biasanya mengandung additives.

“Kami membeli buah peach dalam jumlah yang banyak, kami juga harus membayar biaya pengobatan Micah dan akhirnya kami kehabisan dana untuk kebutuhan ini semua,” ujarnya. ** Baca juga: Rifca Jadi Nenek di Usia 23 Tahun

Keluarga Micah pun harus menggunakan uang tabungan yang disiapkan untuk liburan, demi bisa mengobati Micah yang sudah dalam kondisi underweight ata kekurangan bobot tubuh.(ilj/bbs)