oleh

Tanpa Sepengetahuan Pasien, Jempol Tangan Remaja Australia yang Membusuk Diganti Jempol Kaki

Kabar6-Malang benar nasib Britney Thomas (17). Remaja yang juga pemain kriket ini menjadi korban malapraktik akibat kesalahan oknum dokter. Berawal ketika Britney mengalami patah ibu jari kiri saat bertanding di Victoria, Australia.

Akibatnya, Britney pun harus menjalani operasi di sebuah Rumah Sakit Regional Latrobe. Namun setelah enam hari pascaoperasi, Britney kembali ke rumah sakit karena merasa kesakitan.

Siapa sangka, melansir pressfrom, remaja ini mengalami gagal operasi, dan mendapati jempol tangannya diganti dengan jempol kaki. Dan oknum dokter yang melakukan operasi terhadap Britney ternyata tidak berterus terang mengenai hal itu. Saat diperiksa, dokter menemukan ibu jari Britney berubah menjadi hitam.

Kondisi ini terjadi setelah turniket (mengontrol aliran darah pada vena atau arteri) dipaksa untuk mengamputasi ibu jarinya dan kemudian menukarnya dengan jari kaki.

“Mereka membawa saya ke ruang darurat dan mereka seperti ‘Oh Anda mungkin akan kehilangan ibu jari Anda’. Saya sangat tidak percaya,” keluh Britney.

Remaja itu kembali merasakan sakit pada ibu jarinya saat bermain kriket di Hong Kong. Saat itu juga, Britney angsung dilarikan ke rumah sakit. Seorang ahli bedah yang menangani Britney mengatakan bahwa ibu jari Britney telah mati.

Leanne Keating, ibunda Britney, mengatakan, dokter melepas plester dan jempolnya sangat gelap, dan tampak sangat mati. Dokter berusaha menyelamatkan ibu jari Britney dengan menggunakan lintah pengisap darah untuk memompa darah ke tangan Britney.

Sayang, cara itu tidak membuahkan hasil, sehingga pihak medis memutuskan untuk mengamputasi ibu jari Britney. ** Baca juga: Lupa Password, Uang Rp3 Triliun Melayang

Tom Ballantyne, pengacara yang mewakili Britney, mengungkapkan bahwa kondisi yang dialami Britney merupakan akibat dari kesalahan mendasar yang sangat mengerikan. Tom juga mengatakan, operasi yang dijalani Britney pada awalnya merupakan operasi yang tidak rumit.

Akibat kerugian yang dialami Britney, pihak Rumah Sakit Regional Latrobe pun merilis penyelidikan atas insiden tersebut. Tak hanya kerugian fisik, Britney pun harus mengubur keinginannya menjadi pemain kriket profesional.(ilj/bbs)

Berita Terbaru