oleh

Akibat Cuaca, Harga Tomat & Cabai di Tangerang Tak Terkendali

Kabar6-Harga cabai dan tomat di sejumlah Pasar Tradisional di Kota Tangerang terus mengalami kenaikan dan mulai tak terkendali. Tak tanggung-tanggung, besaran kenaikan harga mencapai antara Rp. 5 ribu sampai Rp. 8 ribu per kilogramnya.

Pantauan kabar6.com di Pasar Anyar, Kota Tangerang, sejumlah komoditas sayur mayur yang mengalami kenaikan diantaranya adalah, cabai merah keriting dari Rp. 15 ribu per kilogram menjadi Rp. 20 ribu per kilo gram.

Cabai rawit merah dari Rp. 20 ribu per kilogram menjadi Rp. 25 ribu per kilogram, cabai merah besar dari Rp. 18 ribu perkilogram menjadi Rp. 26 ribu per kilogram, cabai hijau dari Rp. 15 ribu per kilogram menjadi Rp. 20 ribu per kilogram.

Sedangkan bawang merah dari Rp. 8 ribu per kilogram naik menjadi Rp. 11 ribu per kilogram. Tomat dari Rp. 5 ribu per kilogram menjadi Rp. 10 ribu per kilogram. Sedangkan Kol tetap stabil di Rp. 8 ribu per kilogramnya.

Sementara, pedagang mengklaim bahwa kenaikan harga tersebut dipicu oleh curah hujan yang cukup tinggi mengguyur sejumlah walayah pemasok sayuran, seperti wilayah Jawa dan Sumatera.

“Curah hujan yang terus menerus serta banjir yang melanda sejumlah wilayah pemasok sayuran, mengakibatkan pasokan dari Jawa dan Sumatera menjadi tersendat,” ujar Saiful, salah seorang pedagang sayuran di Pasar Anyar, Kota Tangerang, Rabu (9/1/2012).

Saiful berharap, pemerintah bisa segera mengambil langkah untuk mengembalikan harga sayur-mayur menjadi normal, sekaligus mengantisipasi kembali naiknya harga sayur-mayur dipasaran.(rani)

Berita Terbaru