oleh

Akhir Oktober 2021 Serapan Anggaran Belanja Pemkot Tangsel 58,5 Persen

Kabar6-Memasuki akhir triwulan keempat Tahun Anggaran 2021 realisasi serapan APBD Kota Tangerang Selatan (Tangsel) masih rendah. Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) setempat mengklaim sejak Agustus lalu sudah dilakukan percepatan.

“Pendapatan 69 persen. Untuk belanja 58,5 persen,” kata Kepala BPKAD Kota Tangsel, Warman Syanuddin, Selasa (26/10/2021).

Ia mengaku, Pemerintah Kota Tangsel telah mendorong pekerjaan dikebut. Makanya sekarang ini tinggal membayar pekerjaan-pekerjaan yang sudah dan masih dalam tahap pelaksanaan.

Warman bilang, sampai dengan Desember bisa terealisasi semuanya. Hampir rata-rata belanja tidak terduga termasuk dengan realisasi program kegiatan semua organisasi perangkat daerah (OPD).

OPD mana saja yang realisasi belanjanya masih rendah?. “Saya enggak buka seluruhnya. Cuma rata-rata ada yang 45 persen,” ujar Warman.

Menurutnya, selama ini tidak ada kendala, karena telah menyesuaikan dengan refocusing yang kemarin dilakukan penyesuaian dengan aturan kemendagri maupun pemerintah provinsi Banten.

**Baca juga: Undian Calon Pokja Wartawan Harian Tangsel Hambali 1, Arul 2 dan Rizky 3

Yang kurang itu dalam pembahasan dengan DPRD Kota Tangsel senilai Rp 105 miliar dari bagi hasil pajak dengan Pemprov Banten?.

“Jadi kalau dari provinsi sebagai sumber dananya berkurang berarti kegiatan volumenya dikurangi,” jelas Warman.(yud)

Berita Terbaru